IMB Rumah tak Bertingkat Diputihkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » IMB Rumah tak Bertingkat Diputihkan

IMB Rumah tak Bertingkat Diputihkan

Written By Admin Raka on Kamis, 19 April 2018 | 16.00.00

KOTABARU, RAKA - Kabar gembira bagi warga yang rumahnya belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pasalnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang mengadakan pemutihan IMB rumah tinggal tidak bertingkat tahun 2018.
Kasi Perizinan Pembangunan DPMPTSP Kabupaten Karawang, Purwadi mengatakan, kegiatan sosialisasi pelayanan perizinan cukup penting, selain merupakan salah satu program kerja DPMPTSP dalam rangka menyebarluaskan informasi kepada penerima layanan, juga dimaksudkan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurus izin. "Kebetulan nanti di Kecamatan Kotabaru ada gebyar Paten, ini momentum kami untuk melakukan sosialisasi pemutihan izin IMB dimana yang sudah menjadi program saat ini, agar tersampaikan secara menyeluruh bagi warga yang ada di wilayah ini," ungkapnya, kepada Radar Karawang, di aula Kecamatan Kotabaru.
Ia melanjutkan, program pemutihan rumah tinggal ini sesuai dengan Perbub Nomor 32 Tahun 2016 yang kemudian ditindaklanjuti oleh SK Bupati Nomor 503.05/Kep.126-Huk/2018. Dimana di dalamnya ada empat tim dari DPMPTSP yang juga melibatkan unsur kecamatan. "Karena dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam mengurus izin tersebut, dapat berdampak pada perbaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna membantu kelancaran pembangunan di Kabupaten Karawang," katanya.
Menurutnya, bagi masyarakat yang ingin mengikuti program pemutihan diberi banyak kemudahan syarat dan kemurahan biaya. Hanya sesuai dengan Perda Nomor 8 Tahun 2015 tentang bangunan gedung, ada batasan rumah tinggal tidak bertingkat yang dapat mengikuti program pemutihan ini. "Jadi masyarakat yang membangun rumah tinggalnya sebelum tanggal 26 Oktober 2015, dapat mengikuti program pemutihan, namun untuk masyarakat yang sudah melewati tanggal yang telah ditetapkan dapat mengikuti perizinan reguler biasa dan diharapkan membuat IMB langsung ke DPMPTSP," paparnya.
Sementara itu, Camat Kotabaru Dedi Setiadi menambahkan, menjelang gebyar Paten yang akan digelar di Kecamatan Kotabaru, tidak hanya berbagai administrasi kependudukan saja serta lembaga lainnya dilakukan secara serempak. Namun, antusiasme terhadap program pemerintah turut andil dalam merealisasikannya. "Iya nanti kita akan ada hebyar Paten di kecamatan ini, jadi semoga masyarakat bisa antusias mengikutinya, salah satunya sosialisasi pemutihan izin IMB dari DPMPTSP," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template