Idul Fitri Juga Belum Peternak Domba Sudah Pikirkan Idul Adha - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Idul Fitri Juga Belum Peternak Domba Sudah Pikirkan Idul Adha

Idul Fitri Juga Belum Peternak Domba Sudah Pikirkan Idul Adha

Written By Admin Raka on Senin, 30 April 2018 | 17.15.00

RAWAMERTA, RAKA- Idul Fitri juga belum, tapi para peternak domba, sapi dan kerbau sudah mulai berbenah dan mencari bibit unggul untuk menghadapi Idul Adha. Pasalnya, persiapan tersebut harus dilakukan dari jauh-jauh hari, agar pertumbuhan hewan ternak bisa terkontrol.

Salah satu peternak asal Desa Kutawargi, Kecamatan Rawamerta Hamdan (24), mengatakan, meneruskan usaha orang tua yang sudah 30 tahun berkecimpung di dunia peternakan, dirinya mengaku tertarik dengan usaha yang digeluti orang tuanya. Setelah memutuskan tidak melanjutkan sekolah, dirinya mengaku berfokus untuk mengurus hewan ternak karena di nilai menguntungkan.

Persiapan beternak sudah ia lakukan sejak 4 bulan sebelumnya, karena meninjau harga-harga hewan ternak yang terlampau murah. Ditambah tidak banyak orang yang membutuhkan untuk kegiatan apapun. "Minimal paling lambat kita urus hewan ternak 5 bulan sebelum Idul Adha, kalau bisa 7 bulan. Karena kita bisa mengontrol pertumbuhan dan harganya," ucapnya, kepada Radar Karawang.

Lain halnya jika membeli hewan ternak yang sudah 3 bulan lagi menjelang Idul Adha seperti sekarang ini, harga hewan ternak sudah mulai merangka naik. Karena sudah dipastikan banyak yang membutuhkan untuk perayaan Idul Adha ataupun Idul Fitri. Ia mengaku membeli hewan ternak, seperti sapi dengan harga Rp12 juta perekor, kerbau sekitar Rp10 juta perekor, domba Rp2,5 juta hingga Rp5 juta perekor. Namun disesuaikan dengan ukurannya, dan itu dipersiapkan sekitar 7 bulan sebelum Idul Adha. "Kalau ngejual kita bisa sampai Rp22-25 juta untuk sapi, kerbau Rp35 juta, dan domba sekitar Rp5-7 juta," katanya.

Namun yang dikeluhkannya saat ini yaitu dalam mencari rumput, karena di lingkungannya sudah hampir jarang ditemukan. Terlebih dengan banyaknya obat sawah yang dinilai berbahaya untuk hewan ternak. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template