Genderuwo dan Tuyul Hadiri Pembukaan Popkab - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Genderuwo dan Tuyul Hadiri Pembukaan Popkab

Genderuwo dan Tuyul Hadiri Pembukaan Popkab

Written By Admin Raka on Kamis, 19 April 2018 | 17.00.00

KARAWANG, RAKA - Atraksi kesenian yang dilakukan genderewo, tuyul dan ular mewarnai Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (Pobkab) Karawang. Para hantu itu berjoged dan sempat menarik perhatian masyarakat. 
Ketua cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Pedes Asep Supriatna menyampaikan kehadirannya dalam pembukaan POPKAB itu khusus untuk kontingen Kecamatan Pedes. Asep memberi semangat untuk atlet-atlet Pedes, sekaligus ingin membuktikan kalau daerah pesisiran bukan hanya memiliki banyak atlet mempuni tetapi juga bisa menunjukan jika kesenian di wilayahnya harus diperkenalkan di tengah perkotaan Karawang. "Kita memperkenalkan kesenian daerah pesisiran khususnya di Kecamatan Pedes yang banyak macamnya," ujarnya kepada Radar Karawang, Rabu (18/4).
Dikatakan Asep, atraksi yang ditampilkan para pensuport atlet itu mulai dari tari ular, jelangkung, hantu genderewo dan tuyul, dengan harapan bisa menjadikan semangat yang kuat. Jika para peserta tidak hanya menjadi perwakilan wilayah pedes untuk mendapatkan hasil yang terbaik ditingkat Kabupaten Karawang, tetapi semua unsur diwilayah Pedes mulai dari Camat, Kapolsek, dan Danramil siap mensupor untuk keberhasilan yang maksimal. "Semua unsur yang ada di lingkungan Pedes, baik camat, kapolsek, serta Danramil mendukung atlet Pedes," ujarnya.
Dikatakan Asep, saat ini masyarakat sudah mulai melupakan nilai-nilai kesenian dan budaya lokal. Untuk itu siapapun harus punya sikap jika kesenian harus tetap dilestarikan. "Kita cuman membawa kesenian dilingkungan kita beberapa saja, yang lainnya masih banyak. Tetapi intinya kita ingin memperkenalkan jika kesenian tidak boleh dilupakan," paparnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Dadan Sugardan menyampaikan, jika pihaknya mengapresiasi sejumlah daerah yang menyertakan keseniannya dalam pawai POPKAB. "Saya terkejut dengan atraksinya, dan itu dilakukan secara profesional sampai membawa ular di kalungkan di leher," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template