DPMD OKU Timur Belajar Budidaya Jamur di Cirejag - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » DPMD OKU Timur Belajar Budidaya Jamur di Cirejag

DPMD OKU Timur Belajar Budidaya Jamur di Cirejag

Written By Admin Raka on Kamis, 26 April 2018 | 14.00.00

JATISARI, RAKA - Tidak disangka, budidaya jamur merang yang dikembangkan oleh warga Desa Cirejag, Kecamatan Jatisari menarik perhatian pemerintah daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan. Selama dua hari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) OKU Timur bersama tim melakukan observasi budidaya jamur merang di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Subang tersebut.
"Ini dalam rangka melakukan pelatihan budidaya jamur merang. Karena kami punya bahan baku melimpah tapi (selama ini) tidak dimanfaatkan," kata Kabid PSDA dan TTG DPMD OKU Timur Onziar Dinata, kepada Radar Karawang di lingkungan Desa Cirejag, sebelum pulang ke kabupatennya, Rabu (25/4).
Onziar tidak hanya sendiri ke Desa Cirejag, melainkan bersama timnya yang berjumlah 31 orang. Dimnya sendiri terdiri dari perwakilan DPMD, pendamping desa dan pengelola BUMDes. Hasil dari observasi yang dilakukan timnya mengaku cukup untuk bekal mengembangkan jamur merang di Kabupaten OKU Timur. "Hasilnya kami puas. Bisa belajar dari awal sampai akhir," katanya.
Bukan hanya itu, setelah menyicipi jamur merang hasil budidaya warga Cirejag menambah motivasi dia untuk bisa mengembangkan budidaya jamur merang di daerahnya. Bahkan pihaknya akan mengembangkan budidaya jamur merang disetiap desa dengan dikelola oleh pihak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). "Pulang kami akan alokasikan di APBDes untuk budidaya jamur). Nanti bisa dikembangkan oleh 305 BUMDes yang ada di tiap desa," ujar Onziar seraya menyampaikan saat ini pihaknya dalam proses pemekaran desa sebanyak 28 desa.
Di OKU Timur sendiri, sebenarnya sudah ada jamur merang. Tetapi mediannya atau bahan bakunya bukan jerami, melainkan dari ampas kelapa sawit. Itupun tidak dikembangkan secara serius, melainkan tumbuh dengan sendirinya sehingga hasilnyapun tidak menjanjikan. "Mudah-mudahan bisa diaplikasikan yah di sana," ujarnya.
Sementara Kepala Desa Cirejag Dadang Supriatna menyampaikan, kunjungan yang dilakukan oleh tim dari DPMD Kabupaten OKU Timur membuat pemerintahan desa merasa sangat dihargai. Padahal budidaya jamur merang di desanya selama ini dikelola masing-masing oleh warga. Tetapi pihak OKU Timur akan mengalokasikan untuk BUMDes. "Kemarin kami antar ke tempat-tempat budidaya. Kemudian warga (yang membudidaya jamur merang) menjelaskan dari awal sampai akhir bagaimana proses budidaya jamur merang," ujarnya. Dia sendiri tidak menyangka bakal kedatangan tamu dari Sumatera Selatan, dengan adanya kunjungan tersebut menunjukan bahwa desa yang ada di tanah jawa, khususnya di Kabupaten Karawang terbuti banyak diperhatikan oleh pihak lain. "Mereka datang ke sini, karena punya bahan baku yang melimpah tapi belum termanfaatkan," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template