Disdukcapil Keluarkan 800 Suket Sehari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disdukcapil Keluarkan 800 Suket Sehari

Disdukcapil Keluarkan 800 Suket Sehari

Written By Admin Raka on Rabu, 18 April 2018 | 13.45.00

KARAWANG, RAKA - Sejak program Layanan Sehari Jadi (one day service) dokumen kependudukan diberlakukan, kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setiap hari dipenuhi pemohon. Namun dari dokumen yang dimohonkan untuk layanan Surat Keterangan (Suket) menempati urutan pertama terbanyak.
Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Lilis Jayasutisna, dikonfirmasi perihal itu, Selasa (17/4) mengatakan dalam sehari bisa sampai ratusan pemohon untuk pembuatan Suket. "Paling banyak pelayanan dalam satu hari yang ada di bidang saya itu pembuatan surat keterangan, bahkan bisa sampai 800 lebih," ucapnya.
Lilis menyebutkan untuk bidangnya selain melayani pembuatan surat keterangan baik surat keterangan pengganti KTP sementara, surat keterangan pindah dan datang  juga pembuatan kartu keluarga (KK).
Adapun  untuk pelayanan sehari jadi untuk pemohon dokumen kependudukan itu, lanjut Lilis, pemohon harus mendaftar pagi hari disekitar pukul 08.00 wib sampai 12.00 wib sebelum istirahat, hingga berakhir pukul 13.00 Wib dokumen yang dimohon itu bisa langsung jadi di hari tersebut. "Layanan sehari jadi berlaku bagi pemohon yang datanya telah kumplit, baik untuk memohon dokumen KK, Suket dan pindah datang," ucap Lilis.
Saat disinggung mengenai perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP), Lilis mengaku sudah berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat. Baik yang datang langsung ke Disdukcatpil maupun ke setiap pelayanan yang ada di Desa maupun Kecamatan. "Bagi yang sudah melakukan perekaman dan mendapatkan penunggalan Nomer Induk Kependudukan (NIK) bisa langsung membuat suket," ujarnya.
Dilanjutkan Lilis, masyarakat bisa langsung melakukan permohonan suket kesetiap pelayanan di tingkat kecamatan. "Untuk pembuatan Suket bisa langsung ke operator kecamatan dan yang sudah direkam bisa membuatkan sumbernya langsung, dan saya tegaskan pelayanan dokumen kependudukan gratis Rp 0 alias tidak mengeluarkan biaya," ucapnya.
Warga Cikampek yang tengah melakukan pengecekan biometri. Taupik menyampaikan, dia merasa  puas mengurus dokumen kependudukan tanpa bantuan orang lain. Apalagi untuk program layanan sehari jadi itukan tidak hanya melayani pemohon atas berkasnya sendiri. "Sekarang mengurus dokumen kependudukan tidak ada biaya. Saya kesini mau cek geometri," paparnya, meski diakuinya pelayanaan kependudukan di disdukcapil sekarang tidak ribet tetapi masih tetap antre. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template