Dibalik Kesuksesan Tim Robotic SMKN 1 Cikampek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dibalik Kesuksesan Tim Robotic SMKN 1 Cikampek

Dibalik Kesuksesan Tim Robotic SMKN 1 Cikampek

Written By Admin Raka on Minggu, 01 April 2018 | 14.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Disadari atau tidak, peranan guru sangat penting dalam tumbuh kembang seorang peserta didik. Termasuk kesuksesan siswa SMKN 1 Cikampek yang bisa menjadi juara Java Robotic Contest IX Tingkat Nasional tentu terdapat sosok guru dibalik semua itu.
Sudarma, merupakan sosok guru pembimbing Tim Robotic SMKN 1 Cikampek yang telah berhasil menghantarkan sejumlah prestasi anak didiknya dengan kepiawaiannya di bidang robotic. "Sudah hampir 18 tahun lamanya mengajar sebagai tenaga pendidik di Jurusan Robotic, alhamdulillah sudah banyak siswa berprestasi di bidang perakitan robot sehingga bisa mengharumkan nama sekolah bahkan Karawang dan Jawa Barat," ungkap Sudarma, kepada Radar Karawang, di ruang kerjanya, Kamis (29/3).
Sudarma yang merupakan seorang pegiat penulis buku teknik dan hypnotherapy ini melanjutkan, prestasi siswa merupakan indikator berhasil atau tidaknya seorang pendidik dalam mentransformasikan ilmunya. Oleh karenanya dalam memberikan pelajaran dia mengaku selalu bersemangat agar materi yang disampaikan benar-benar bisa masuk dan diterima oleh anak didiknya. "Perlombaan Robotic kan adanya kesini-sini, itu mulai ada pas tahun 2016, nah saat kali pertama ada lomba kita langsung Juara 1 Robotic se Purwasuka di Politeknik Enjinering Indorama Purwakrata, pada tanggal 29 Agustus 2016, lalu Juara 1 Robotic se Kabupaten Karawang diselenggarakan PT TMMIN Karawang pada 30 Desember 2017 dan kita kembali berhasil Juara 1 Robotic Nasional Divisi SMA di JRC (Java Robotic Contest) IX PENS (Politeknik Eleketronika Negeri Surabaya), 24-25 Maret 2018," paparnya.
Keberhasilannya dalam mencetak siswa berprestasi, ternyata tidak hanya direspon baik lembaga pendidikan. Akan tetapi, berbagai tawaran kerjasama perusahan besar di Karawang hingga apresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang diraihnya. Hal itu juga yang menjadi alasan jurusan perakitan robotic mulai tinggi diminati siswa. "Siswa sudah mulai banyak yang mendalaminya, mereka terlihat serius dan ini menjadi potensi besar akan banyaknya siswa yang berkualitas baik di sekolah ini," ucapnya.
Ternyata, keikhlasannya sebagai tenaga pendidik tidak hanya disalurkan di lingkungan sekolah SMKN 1 Cikampek yang saat ini ditempatinya sebagai tenaga pengajar. Namun, dia juga mulai keliling ke berbagai daerah yang ada di nusantara. "Aktivitas lain saya itu menjadi trainer hypnotherapy sejak tahun 2010, untuk motivasi siswa dan guru di berbagai kota di Jabodetabek, Wonogiri, Rembang Jawa Tengah dan Pekanbaru Riau," katanya.
Ia mengaku senang dengan berbagai tantangan, ilmu yang dimilikinya mengaku tidak hanya ditelurkan keanak didiknya di sekolah. Namun akan terus ditebar ke setiap komponen masyarakat yang memang membutuhkan dan terkejar. "Sebenarnya dalam mempelajari sistem robotik, kunci atau otak utamanya di micro kontrol mobile robotik, dengan mendalami ini bisa terus mempelajarinya dengan baik serta maksimal karena tingkat kesulitannya di area ini," ujarnya.
Dia berharap, dengan banyaknya generasi yang makin faham dengan robotik tersebut, dapat menjadikan kualitas pelajar di wilayah Karawang bisa lebih diperhitungkan lagi. "Semoga kita bisa terus melahirkan bibit-bibit muda yang memiliki kemampuan jauh lebih baik dalam perakitan robotik dan menciptakan berbagai terobosan baru nantinya," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template