Debat Pertama Bahas Pelayanan dan Kesejahteraan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Debat Pertama Bahas Pelayanan dan Kesejahteraan

Debat Pertama Bahas Pelayanan dan Kesejahteraan

Written By Admin Raka on Kamis, 19 April 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta menunjuk dua panelis yaitu Yusep Solihudien dan KH John Dien dalam Debat Publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Purwakarta yang akan dilaksanakan pada Kamis (19/4) di Hotel Harper Bungursari. Keduanya kini telah mempersiapkan materi yang akan disodorkan kepada pasangan calon. Debat pertama mengusung tema memajukan Purwakarta untuk peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.
"Ya untuk materinya kita manangkap apa saja isu dan harapan publik Purwakarta ke depannya seperti apa," kata Yusep, saat dihubungi melalui selulernya, Rabu (18/4).
Menurut Yusep yang juga sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Purwakarta ini , para pasangan calon (Paslon) diharapkan dapat menguasai isu dan masalah berbagai bidang serta dapat memberikan solusi-solusinya."Para paslon harus menguasai isu dan peta problema pembangunan kini dan solusi strateginya. Sebagai hakikat dari kebijakan publik itu adalah problem solving," ungkapnya.
Di tempat berbeda, Ketua MUI Purwakarta, KH John Dien, mengatakan, mudah-mudahan melalui debat tersebut masyarakat Purwakarta dapat mengetahui visi dan misi para paslon. Itu sebagai acuan nanti apabila salah satu dari para Paslon terpilih menjadi Bupati di Purwakarta."Ya intinya debat ini untuk kita bersama-sama melihat visi dan misi para pasangan calon," ujarnya.
Untuk diketahui, KPU Purwakarta sudah menjadwalkan pelaksanaan debat publik dilaksanakan di Hotel Harper pada 19 April dan 3 Mei 2018 mendatang. "Ya, rencananya debat publik dilaksanakan dua kali dan disiarkan oleh televisi lokal dan nasional," kata Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana, belum lama ini.
Untuk itu, KPU sudah mempersiapkan segala hal penunjang kesuksesan debat publik. Mulai pelaksanaan rapat koordinasi panelis terkait materi debat, sampai ketersediaan fasilitas yang memadai. "Debat publik harus membuat semua pihak nyaman," terang Ramlan.
Sementara Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta, Oyang Este, memastikan debat publik berjalan sesuai dengan waktu pelaksanaan. "Kita sesuai ranahnya memastikan debat itu jadwalnya sudah sesuai dengan ketentuan. Minimal satu kali dan maksimal tiga kali," jelas Oyang.
Oyang menambahkan, sesuai ranah Panwaslu, pihaknya akan memastikan pelaksanaan debat publik secara umum akan berjalan dengan adil kepada semua Paslon. "Ya tentunya dalam pelaksanannya ada keadilan ruang dan fasilitas yang adil bagi setiap paslon. Supaya masing-masing calon merasa terlayani dengan baik jangan sampai ada yang merasa dirugikan," katanya.
Selain itu, panwaslu juga tetap akan melakukan pengawasan tehadap kemungkinan adanya pelanggaran kampanye saat debat publik tersebut. "Debat calon kan terbuka untuk semua orang, semuanya boleh melihat, dan memantau. Sampaikan saja kepada kami," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template