Dana Desa Cair Lewat Giro - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Desa Cair Lewat Giro

Dana Desa Cair Lewat Giro

Written By Admin Raka on Selasa, 17 April 2018 | 12.15.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Jika selama ini alokasi dana desa, dana desa dan bantuan gubernur mengucur ke pemerintah desa melalui rekening tabungan. Mulai tahun depan, kucuran anggaran tersebut dialihkan melalui giro dalam satu pintu.
Selain mengurangi resiko kecurangan, giro yang akan diberlakukan juga sebagai dasar pertanggungjawaban pencairan dan realisasi anggaran tahun 2019 mendatang. Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Wawan Hernawan mengatakan, semua rekening desa dari buku tabungan akan diuji coba beralih ke giro tahun depan. Karena biasanya, sumber anggaran dari ADD, dana desa atau bahkan dana bagi hasil dan bantuan gubernur, rata-rata melalui satu rekening atau beberapa rekening. Namun, kedepan akan disatupintukan, yaitu dalam cek giro, sehingga setiap anggaran yang turun hanya akam melalui giro yang dibuat ulang nomornya oleh masing-masing desa. "Akan mulai dispesialisasikan tahun ini dan diberlakukan tahun 2019 mendatang," katanya kepada Radar Karawang, Senin (16/4) kemarin.
Dengan giro, kata Wawan, setidaknya bisa meminimalisir keuangan yang dialokasikan atau didistribusikan menyeleweng. "Gak usah khawatir, soal pertanggungjawaban dan laporan mah sama saja. Cuma beda slip pengambilan saja," ujarnya.
Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Majalaya Adok mengatakan, kaitan peralihan rekening tabungan desa ke giro, sudah disosialisasikan oleh DPMD. "Itu masih wacana, memang sih sudah disosialisasikan," tuturnya.
Senada diungkapkan Kades Tempuran Zaenal Romli. Ketua IKD Tempuran ini mengaku belum tahu ada wacana peralihan rekening desa ke giro. Jikapun ada, pihaknya masih belum tahu apa dampak dan perbedaannya jika dana pemerintah yang ditransfer ke desa itu melalui giro. "Kita belum paham apa perbedaannya, itu kan masih wacana," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template