Dana BOS Mampet, Upah Guru Honorer Seret - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana BOS Mampet, Upah Guru Honorer Seret

Dana BOS Mampet, Upah Guru Honorer Seret

Written By Admin Raka on Senin, 30 April 2018 | 12.00.00

CIAMPEL, RAKA - Entah kapan pencairan Biaya Operasional Sekolah (BOS) lancar, bebas hambatan. Pasalnya, persoalan serupa kerap terjadi dan menghantui pihak sekolah.
Seperti yang saat ini sedang terjadi di SMPN 1 Ciampel. Gara-gara dana BOS tersendat, berbagai kegiatan terancam terhenti. Begitu pun dengan upah guru honorer. Kepala SMPN 1 Ciampel Dedi Mulyadi mengatakan, sebelumnya tahapan pencairan dana BOS untuk bulan pertamaa tersendat sampai beberapa bulan. Kali ini pihak sekolah terpaksa harus berpikir keras untul mencari dana talang untuk mengupah para guru honorer. "Dana BOS akhir-akhir ini sering macet, yang sekarang aja belum cair," ungkapnya kepada Radar Karawang.

Akibatnya, kata dia, berbagai kegiatan siswa di sekolah serta upah tenaga pengajar pendidik bisa tersendat. Dia berharap pemerintah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang bisa memberikan solusi dari kendala yang dialami sekolah. "Semoga tidak terjadi lagi. Dan ada solusi yang terbaik buat sekolah," ucapnya.

Sebelumnya, ketika terjadi kendala dalam tahap pencairan dana BOS, pihak sekolah masih bisa memanfaatkan dana dari hasil kantin sekolah sebagai dana talang. Namun jika setiap bulannya hanya mengandalkan dana dari kantin, tidak akan memberikan hasil yang baik. "Kalau terus-terusan minjem sama kantin sekolah, nanti kantin tidak akan berkembang," ungkapnya.

Selain itu, kerugian bagi sekolah jika hanya mengandalkan dana talang dari yang lain. Sebab, tidak semua guru di sekolah bisa mendapatkan haknya dari pinjaman tersebut. "Kalau minjem sama kantin itu juga tidak semua guru, yang paling diprioritaskan bagi mereka yang sudah berkeluarga," terangnya.

Sementara Sekretaris Disdikpora Kabupaten Karawang Nandang Mulyana mengatakan, tahun ini untuk tahap pencairan dana BOS tidak seperti tahun sebelumnya, dan kemungkinan bisa mengalami perubahan. "Sekarang sistemnya giro, dan mungkin pencaiaran dana BOS bisa berubah," jelasnya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template