Daftar Berobat dengan Ponsel Android - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Daftar Berobat dengan Ponsel Android

Daftar Berobat dengan Ponsel Android

Written By Admin Raka on Senin, 30 April 2018 | 11.30.00

TELUKJAMBE RAKA, RAKA - Sejak tiga bulan terakhir pasien atau keluarga pasien berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang sudah bisa melakukan pendaftaran secara online dengan menggunakan ponsel berbasis android. Hanya saja, untuk memanfaatkan fasilitas tersebut, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

Hal pertama harus dilakukan adalah mengundu aplikasi pendaftaran online di play store ponsel android yang dipergunakan, atau membuka portal web di www.reservasi.com untuk pendaftaran online. Setelah portal web terbuka pasien atau keluarga pasien bisa langsung memasukan nomor rekam medis (RM) dan tanggal lahir pasien. Setelah nomor rekam medis dan tanggal lahir terdata, langkah selanjutnya pasien atau keluarga pasien bisa masuk ke menu jadwal dokter.

Nanti akan muncul pilihan menu dan pilih menu berobat sendiri (user) jika mendaftar untuk diri sendiri. Tetapi jika mendaftarkan pasien lain hal yang perlu dilakukan adalah mengisi nomor rekam medis dan tanggal lahir pasien yang akan didaftarkan berobat. Dan, langkah terakhir klik menu submit dan pasien pun sudah terdaftar.

Untuk memperkenalkan pendaftaran online ini, Tim Promosi Kesehatan dan Hubungan masyarakat RSUD Karawang pun gencar promosi online dengan berbagai cara baik melalui baliho maupun spanduk juga dialogis langsung ke pasien dan keluarga pasien.

"Pendaftaran tersebut berlaku untuk rawat inap, karena rawat jalan melalui akses internet sudah lama terselenggara," ucap Hukmas Promkes RSUD H. Ruhimin, belum lama ini. Kendati demikian Ruhimin mengatakan untuk sementara ini RSUD masih memprioritaskan kepada pasien lama karena rekam medis mereka akan mudah diketahui. Tetapi RSUD juga berharap pendaftaran rawat inap secara online pun bisa secepatnya dirasakan pasien baru. 

Sementara staf Humas RSUD H. Asep mengatakan untuk pendaftaran melalui website, pasien dapat mendaftar sebagai pasien di Poliklinik Neurologi Umum, THT, Gigi dan Poliklinik Vaksin. Sedang pendaftaran melalui aplikasi android, untuk pasien lama lebih diprioritaskan. Selain itu dijelaskan pendaftaran atau reservasi online dapat dilakukan untuk diri sendiri atau orang lain yang telah memiliki nomor rekam medis di RSUD Karawang.

Demikianpun pendaftaran dilakukan minimal satu hari sebelum berobat berakhir di jam 24.00 WIB disamping wajib melakukan konfirmasi pada hari berobat di loket (Konfirmasi pendaftaran on line). Sementara untuk peserta BPJS yang sudah mendaftar melalui pendaftaran online untuk mempersiapkan berkas rujukan berjenjang sesuai dengan ketentuan BPJS yang berlaku. "Diharapkan dengan adanya pendaftaran online ini selain lebih efektif dan efisien, juga menghindari antrean dan penumpukan pasien saat mendaftar," ucap Asep.

Perlu diketah7i pelayanan kesehatan memang harus ditingkatkan terutama di bidang-bidang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti rumah sakit. Untuk upaya itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang memberlakukan sistem pendaftaran rawat inap online berbasis website dan android. Hanya saja, pengenalannya masih diorientasikan terhadap sistem pelayanan pasien lama yang sudah memiliki rekam medis. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template