Ciwaringin Sudah Cairkan Dana Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ciwaringin Sudah Cairkan Dana Desa

Ciwaringin Sudah Cairkan Dana Desa

Written By Angga Praditya on Kamis, 12 April 2018 | 12.15.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Desa Ciwaringin menjadi desa tahap pertama yang mencairkan dana desa tahun 2018 di Kecamatan Lemahabang. Tanpa berlama-lama, desa perbatasan Lemahabang-Purwasari ini langsung membangun tanggul penahan turap di Dusun Selang III RT 18/05, sepanjang 188 meter dengan cara padat karya.
Pendamping Desa Kecamatan Lemahabang Ganda Sasmita mengatakan, saat desa lainnya masih berkutat soal surat pertanggungjawaban pajak yang masih belum dibayar dan memperlambat pencairan, Desa Ciwaringin sudah lebih dulu mencairkan dana desa tahap 1 sebanyak 20 persen. Bahkan Rabu (12/4) ini, sudah merampungkan tanggul penahan turap sepanjang 188 meter dan lebar 70 sentimeter.
"Aturan 30 persen dari total dana desa harus dilakukan dengan padat Karya, juga dilaksanakan selama pengerjaan di Desa Ciwaringin ini," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Ia melanjutkan, dalam pengerjaan turap tersebut, masyarakat setempat dilibatkan langsung untuk ikut bergotong royong membantu pekerjaan di saluran tersier tersebut. Sebab, di tahun sebelumnya tidak ada alokasi dari dana desa untuk padat karya. "Jika sudah merampungkan kegiatan ini, siapkan segala bentuk berita acara dan laporan untuk ajuan kembali tahap 2 berikutnya," ujarnya.
Pekerja tanggul penahan turap yang juga warga Desa Ciwaringain, Nana Nurundana mengatakan, pekerjaan ini rampung dalam waktu kurang dari 15 hari. Selain membuat saluran pertanian lancar, sistem padat karya membuat warga yang ikut terlibat dalam pengerjaan proyek tersebut mendapat upah. "Kita guyub dan apresiasi keterlibatan dalam padat karya dana desa tahun sekarang ini," katanya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template