Cibinong TPS Paling Terpencil di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cibinong TPS Paling Terpencil di Karawang

Cibinong TPS Paling Terpencil di Karawang

Written By Admin Raka on Selasa, 03 April 2018 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Pemilihan Gubernur Jawa Barat masih menyisakan waktu tiga bulanan lagi. Namun, petugas penyelenggara pemilu hingga kini masih belum merampungkan persiapan pelaksanaannya.
Dari ribuan tempat pemungutan suara yang tersebar di wilayah Kabupaten Karawang, satu di antaranya terdapat di tengah hutan di Dusun Simargalih V Kampung Cibinong, Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel. Untuk menuju lokasi tersebut tidak gampang, hanya kendaraan roda dua yang bisa menembusnya. Itupun jenis trail.
Kemarin, saat para penyelenggara pemilu dari KPU Kabupaten Karawang, menyambangi lokasi terpencil TPS 10 di Kampung Cibinong, salah seorang warga yang tinggal di sana, Upen (55) mengakui daerahnya memang cukup terpencil dan cukup sulit diakses. Tapi, "Kita semua di sini baik-baik saja. Soal pelaksanaan pemilu ya kita ikuti dengan baik. Walaupun memang susah akses ke wilayah ini mah," ujarnya.
Ketua KPU Karawang Riesza Afiat yang ditemui di TPS paling terpencil itu mengatakan, kedatangannya ke sana untuk memastikan hak bagi pemilih tidak terhambat. "Ini kita dalam rangka monitoring ke TPS yang terpencil, yang cukup jauh lokasinya. Di TPS 10 ini ada 294 pemilih," ujarnya kepada Radar Karawang, Senin (02/4).
Kata Riesza, perjalanan yang ditempuh dengan susah payah itu memakan waktu yang cukup lama karena memang lokasinya di tengah hutan. "Kita tinjau ke sini agar nantinya pada saat dilakukan pendistribusian surat suara bisa berjalan dengan baik, sehingga bagaimana kotak suara bisa ke sini dan kembali lagi ke KPU," ujarnya.
Dia juga berharap pihak-pihak terkait bisa saling medukung. "Kita tidak bisa bayangkan perjalanan ke sininya seperti apa kalau hujan, yang jelas kita harus saling mensupport agar berjalan dengan harapan kita semua," ujarnya.
Dikatakannya, meski daerah terpencil, hak pilih warga di sana harus tetap tersalurkan. "Di sini masih terdapat 20 orang yang memang masih non-KTP. Kita upayakan dan kita sudah kordinasikan dengan Disdukcapil agar TPS ini dalam waktu segera sebelum memasuki pleno, itu sudah bisa dilakukan perakaman. Dan Catpil siap," ujarnya.
Camat Ciampel Agus Sugiono memastikan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar hak-hak warganya yang tinggal di tengah hutan tersebut terpenuhi. "Mudah-mudahan ini menjadi perhatian dan dukungan semuanya agar pelaksanakan pemilihan gubernur nanti bisa berjalan lancar, walaupun TPS ini jaraknya memang sulit untuk ditempuh," singkatnya.
Kapolsek Ciampel AKP Ricky Adipratama yang turut serta dalam rombongan ikut memastikan keamanan pelaksanaan di daerah itu. "Karena ke sini lumayan jauh dan jalurnya ektsrem, jadi yang kita antisipasi adalah  untuk potensi kerawanannya saat pendistribusian surat suara," ujarnya.
Katanya, polisi bersama TNI, akan mengamankan kotak suara beserta isinya. "Kita akan kawal pendistribusikan kotak dan surat suara dari KPU hingga bisa ke KPU lagi," tandasnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template