Cabai Merah Sudah Rp 32 Ribu/KG - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cabai Merah Sudah Rp 32 Ribu/KG

Cabai Merah Sudah Rp 32 Ribu/KG

Written By Admin Raka on Jumat, 27 April 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Menjelang ramadan harga sayur mayur di pasar tradisional melonjak naik. Selain kacang panjang, terong, pare dan bayam, bawang putih dan cabai merah keriting mengalami kenaikan paling tinggi. 
Pantauan Radar Karawang, Rabu (26/4) di Pasar Tradisional Perum Telukjambe Permai harga bawang putih mengapai Rp 27.000/kg sedang cabai merah keriting tembus Rp 32.000/kg. Sementara kacang panjang yang sebelumnya Rp 3.000 ikat kini menjadi Rp 5000/ikat. "Kemarin saya beli cabai harga per ons masih Rp 7000 sekarang naik jadi Rp 8000. Sedangkan bawang putih pun sama dari Rp 16.000/kg naik jadi Rp 17.000/kg, dan sekarang sudah Rp 27.000/kg," ucap Wahyuni (31), pemilik Warteg di Kampung Sukadana, Desa Sirnabaya.
Terhadap kenaikan tersebut, terang Wahyuni, dirinya mengaku bingung untuk menyikapi antara menaikkan harga dan tidak. "Terang saya bingung. Untuk menaikkan harga takutnya malah ditinggal pelanggan tetapi kalau harga tidak dinaikkan kita yang rugi," ucapnya.
Sementara Nenih (33) pedagang sayur mayur di Blok JJ, Perumahan Telukjambe Permai menjelaskan pedagang memang sedang diliputi kekhawatiran ditinggalkan pelanggan. Karenanya, jika pun terpaksa menaikkan harga, itu merupakan cara paling akhir yang akan ditempuh. "Mesti hati-hati tidak bisa grasak-grusuk main naikin harga, pelanggan bisa kabur," ucap Nenih, dan menambahkan kenaikan yang terjadi saat ini biasa terjadi memasuki bulan puasa. Sudah seperti kebiasaan dan selalu berimbas terhadap pedagang.
Senada itu, Ramin (30) pedagang lainnya mengaku kenaikan harga sayur mayur menjelang ramadan ini diduga karena distribusi yang sangat terlambat. Bahkan informasi yang didapatnya, di wilayah jawa tengah, bawang putih mulai sulit didapat. "Untuk belanja bawang putih kita juga berebutan di Pasar Induk Cibitung. Soalnya kami juga dapat pasokan dari wilayah Brebes dan Jawa Tengah. Selain distribusinya pun mengalami keterlambatan. Tetapi info yang saya dapat musim hujan ini amat mempengaruhi distribusi bawang putih," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template