Bupati Belum Sahkan Wadah Seniman - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bupati Belum Sahkan Wadah Seniman

Bupati Belum Sahkan Wadah Seniman

Written By Admin Raka on Senin, 30 April 2018 | 15.30.00

KARAWANG, RAKA - Badan Musawarah Kebudayaan Karawang (BMKK) sudah menyiapkan penghargaan bagi seniman Karawang yang telah membawa nama baik kabupatennya. Namun sampai saat ini Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, masih belum memberikan kejelasan tentang keberadaan wadah para seniman Karawang tersebut.

Sekretaris Jendral (Sekjen) BMKK Waya Karmila menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Minggu (29/4). Dikatakannya, keberadaan BMKK sendiri awalnya untuk mengisi kekosongan pengurus Dewan Kesenian Karawang (DKK) yang dianggap tidak peduli terhadap seniman Karawang. "Sebetulnya sudah ada Perda tahun 2017 tentang pelestarian kebudayaan dan  dan rencananya akan ditanda tangan bupati," ujarnya.

Kata Waya, Perda tersebut mengindikasikan agar segeranya dibentuk badan musyawarah yang akan terus intens melestarikan, memelihara dan mengembangkan kebudayaan Karawang. "Sejauh ini kita sudah menggarap beberapa bidang, sekalipun belum mendapatkan SK dari bupati," ujarnya.

Masih dikatakan Waya, bukan hanya menggarap bidang kesenian,  sejauh ini program Citarum Rarum pun merupakan garapan dari program yang sudah dilaksanakan di satu tahun terahir ini. "Kita tidak hanya menggarap kesenian saja tetapi kebudayaan yang ada diseluruh Karawang, mulai dari pelestarian makam-makam dan barang purbakala di Karawang juga kita garap, karena kita ada di bawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Karawang," katanya.

Meskipun demikian, terang Waya, secara formalitas belum terakui oleh pemerintah daerah. Namun dirinya pastikan jika beberapa karya dari para seniman sudah dilakukan dari tahun lalu. "Target utama kita akan ada penghargaan bagi para seniman Karawang, seperti Dalang Cecep yang sudah berjasa bagi Karawang dengan pewayangannya, juga ada Suhanda dengan kesenian kendangnya," ujar Waya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template