BPS akan Survei Disagregasi PMTB - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BPS akan Survei Disagregasi PMTB

BPS akan Survei Disagregasi PMTB

Written By Angga Praditya on Jumat, 13 April 2018 | 17.00.00

KARAWANG, RAKA - Badan Pusat Statistik secara nasional melaksanakan kegiatan survei penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto (PMTB). Untuk menyukseskan hal tersebut BPS Kabupaten Karawang dalam waktu dekat ini akan melakukan sosialisasi bersama SKPD dan OPD yang berhubungan dengan investasi dan swasta serta pelaku ekonomi.
Selain penyusunan disagregasi PMTB, program lain yang juga jadi prioritas adalah Kerangka Sampel Area (KSA), Survei Pertanian antar sensus (sutas) dan Pendataan potensi Desa (Podes). "Masing-masing dari kegiatan itu dilaksanakan secara terpisah, saat ini sedang dilakukan pelatihan terhadap petugas yang akan terjun melaksanakan keempat program itu," ujar Kepala BPS Karawang Slamet Waluyo kepada Radar Karawang, Kamis (12/4) di ruang kerjanya.
Dikatakan Slamet, Kerangka Sampel Area difungsikan untuk menghitung luas lahan padi pada setiap bulannya, apakah nantinya ada perubahan atau tidak. "Setiap bulannya akan dihitung mulai luas sawah dan dampaknya, apakah sedang tanam atau penen dan lainnya. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan secara nasional di tahun ini," ujarnya.
Untuk Survei Pertanian Antar Sensus (Sutas) kata Slamet, juga melingkupi masalah pertanian. Terutama menyangkut kegiatan pertanian secara umum mulai dari peternakan hingga pangan. "Kita ingin melihat dan akan memproyeksi rumah tangga tentang tani dengan fenomena perubahan usaha pertanian dari 2013 dan 2018," ujarnya seraya menyebutkan jika dari hasil data yang diperoleh bisa mendapatkan proyeksi dari populasi ternak dan perencanaan survei pertanian untuk sutas.
BPS juga, ditambahkan Slamet, melakukan survei penyusunan disagregasi atau pembentukan modal tetap bruto (PMTB) yang dimulai April sampai Juni nanti. Dari hasilnya nanti akan diketahui data dengan rinci berapa penambahan dan pengurangan barang modal menurut jenis aset tetap. "Ini disektor institusi dan lapangan usaha," ujar Slamet.
Masih dikatakan Slamet, BPS akan melakukan Pendataan Potensi Desa (Podes) 2018 dengan sasaran instansi desa dengan jumlah dana yang telah masuk. Mulai dari pemerintah daerah sampai provinsi. "Sasaran program ini desa, mulai dari pendataan penghitungan, sampai kemajuan desa akan dilihat dan cara perhitungannya, dan indikator kemajuan desa mana saja yang akan menjadi bahan evaluasi untuk pembangunan desa dengan dana desa yang sudah diluncurkan," ujarnya.
Dilanjutkan Slamet, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi penyusunan disagregasi PMTB bersama SKPD dan OPD yang berhubungan dengan investasi dan swasta serta pelaku ekonomi. "Harapan kami mudah-mudahan responden bisa menjalankan program ini. Sehingga kualitas data yang dihasilkan nanti baik dan bermanfaat baik untuk pemda maupun secara nasional sehingga berguna untuk melaksanakan perencanaan tepat akurat," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template