Berkas Bangub Lemahkarya Dibilang Hilang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Berkas Bangub Lemahkarya Dibilang Hilang

Berkas Bangub Lemahkarya Dibilang Hilang

Written By Admin Raka on Jumat, 20 April 2018 | 15.30.00

TEMPURAN, RAKA - Pemerintah Desa Lemahkarya menuding aparatur Pemerintah Provinsi Jawa Barat teledor, sehingga mengakibatkan berkas pengajuan Bantuan Gubernur (Bangub) yang diajukan desa itu hilang. Sementara tiga desa yang sama waktu pengajuannya saat ini bangubnya sudah cair. 
"Desa lainnya yang sama waktu mengajukannya yaitu Cikuntul, Sumberjaya dan Purwajaya justru sudah cair lebih dulu bangubnya. Makanya kami merasa berkas pengajuan yang kami ajukan selama ini hilang di provinsi Jawa Barat," ucap Kades Lemahkarya, Ento Tohir, Kamis (19/4).
Sudah cairnya bangub Desa Cikuntul, Sumberjaya dan Purwajaya, menurut Ento bukti kalau pemerintah desanya lebih dilu mengajukan berkas bangubnya ketimbang desa lainnya di Tempuran. "Lemahkarya bersamas Cikuntul, Sumberjaya dan Purwajaya merupakan desa-desa perdana yang mengajukan bangub 2018. "Padahal format pengajuan, berkas dan lainnya yang kami ajukan sama dengan desa lainnya. Tetapi anehnya sampai saat ini BanGub yang besarannya Rp 115 juta per tahun itu belum juga turun," ucapnya.
Wajar, sebut Ento, dirinya curiga bahwa berkasnya selama ini khawatir tidak masuk ke Meja DPMPD Provinsi sehingga biro keuangannya tak kunjung mencairkannya. Atas dasar itu, dirinya berupaya memastikan alasan belum dicairkanya BanGub tersebut langsung ke Bandung Senin lusa. "Masa desa lain cair kita enggak, kan mengajukannya sama waktu dan formatnya, kalau ada kesalahan kenapa tidak dibalikin lagi," tandasnya.
Lebih jauh ia menambahkan, Senin ini akan dipastikannya lebih jauh ke Bandung, karena ia merasa satu-satunya  desa di Karawang yang belum cair bangubnya padahal pengajuannya paling pertama. "Pokoknya kita mau kepastiannya, karena merasa kok satu-satunya desa yang bangubnya belum cair," katanya.
Sementara Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Tempuran Zaenal Romli mengatakan, dirinya yang juga Kades Tempuran mengakui bahwa desanya juga belum cair BanGubnya, karena dirinya sadar ajuannya agak terbelakang. Tapi bagi Desa Lemahkarya, sebut Zaenal, mengajukan lebih dulu yang seharusnya seangkatan bareng desa lainnya cair, seperti Cikuntul, Sumberjaya dan Purwajaya.
Sangat wajar, jika Kades beranggapan bahwa ajuan dan berkas BanGub tersebut hilang, apalagi saat penyerahan berkas ajuan ke Provinsi, tidak ada berita acara atau disposisi sebagai bukti bahwa benar ajuan tersebut sudah sampai dan masuk. Sehingga hal itu menjadi lemah karena desa tidak punya bukti bahwa surat dan berkas ajuan itu sudah disampaikan, jika sewaktu-waktu DPMPD Jabar menyebut berkasnya hilang. "Selama ajuan, tidak ada berita acara penyerahan berkas, kalau didanai bilang hilang, kita juga gak punya bukti kan," Ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template