Baru 15 SMP yang Bisa Gelar UNBK - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Baru 15 SMP yang Bisa Gelar UNBK

Baru 15 SMP yang Bisa Gelar UNBK

Written By Admin Raka on Selasa, 03 April 2018 | 12.45.00

KARAWANG, RAKA - Meski masih sepekan lagi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang sudah berancang-ancang menyiapkan pelaksanaan UNBK tingkat sekolah menengah pertama.
Kepala Bidang SMP Disdikpora Karawang Cecep Mulyawan mengatakan, ada 28.633 siswa yang akan mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP). Mereka berasal dari 159 SMP negeri dan swasta.
Diakuinya, ada hal yang berbeda dari pelaksanaan tahun sebumnya. Menurutnya, hal tersebut mengacu ke Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Menurutnya, tidak semua sekolah menyelenggarakan UNBK. "Dari semua sekolah itu, hanya ada 15 sekolah yang akan menggunkan UNBK, sisanya menggunkan UNBKP," ujarnya kepada Radar Karawang, Senin (2/4).
Dia menambahkan, jumlah sekolah yang menggunkan UNBK tahun 2017-2018 lebih meningkat dari tahun 2016-2017. "Tahun kemarin hanya ada 11 sekolah yang menggunakan UNBK, Alhamdulillah tahun sekarang meningkat menjadi 15 sekolah yang menggunkan UNBK," katanya.
Hal lain berbeda pada pelaksanaan USBN tahun sekarang, dari yang 4 mata pelajaran yang di-USBN-kan tahun lalu, kini menjadi menjadi 7 mata pelajaran. Karena sudah ditetapkan BSNP. Makanya, jadwal pelakasanaannya diperpanjang. "Untuk tahun sekarang, ada 3 tambahan mata pelajaran yang dimasukan dalam USBN. Yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ)," tutur Cecep.
Diakuinya pula, persiapan pelaksaan USBN dan UNBK atau UNBKP sudah cukup matang, mulai jadwal pelaksanaan, hingga pengawas sudah tersusun dan terjadwal dengan baik. "Tidak ada kendala dalam pelaksanaan menghadapi USBN dan UNBK atau USBNKP, karena dari jauh-jauh kami melakukan persiapan," pungkasnya. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template