Banyak Ajuan Akta dan KK yang Bermasalah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Banyak Ajuan Akta dan KK yang Bermasalah

Banyak Ajuan Akta dan KK yang Bermasalah

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 April 2018 | 16.00.00

KOTABARU, RAKA - Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) yang digelar di Kotabaru cukup menarik perhatian warga terutama yang belum memiliki dokumen kependudukan. Saking banyaknya bahkan pemohon dokumen kependudukan seperti akta, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) melebihi dari target yang ditentukan. Bukan hanya itu ada ratusan dokumen pengajuan yang tidak memenuhi persyaratan alias kurang.

"Saya mau bikin KTP. Belum punya KTP kan masih sekolah kelas dua di SMK Muhammadiyah Cikampek," kata Arni, salah satu pemohon KTP pemula saat ditanya Radar Karawang di lingkungan kantor Kecamatan kotabaru, Jumat (27/4).

Sementara warga lainnya Nurmalasari warga Kampung Bakanmaja, Desa Jomin Barat terlihat tengah sibuk molak-balik untuk mengurus dokumen kependudukannya yang salah RW. Bahkan dia harus melengkapi berbagai dokumen untuk dilampirkan, seperti KK, akta termasuk ijazah. "Makasih, akhirnya bisa selesai juga yah. Sudah capek bolak-balik, ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Karawang Nining Ratnaningsih menyampaikan, dalam setiap program gebyar paten. Ditargetkan 200 akte termasuk KK tercetak. Namun di acara paten yang digelar di Kotabaru ternyata melebihi target yang ditentukan. "Kita targetkan 200 akta bisa tercetak. Tapi melebihi target. Terus ada 102 pengajuan yang bermasalah," beber Nining.

Menurutnya, untuk dokumen pengajuan yang bermasalah akan diserahkan ke pihak kecamatan untuk kemudian pihak kecamatan melanjutkan ke pihak desa dan dari desa dikembalikan kepada pemohon. Tapi sebelum dikembalikan, permasalahannya dicatat terlebih dahulu sehingga pemohon saat menerima berkas pengembalian mengetahui apa kekurangannya. "Diharapkan pemohon melengkapi dokumen yang kurang. Terus mengurus sendiri sampai ke disduk. Kami menjamin tidak akan ada pungutan sepeserpun alias gratis," ujarnya.

Sementara Kasi Pelayanan Umum (Yanum) Kecamatan Kotabaru Muhamad Najib S menmbahkan, antusiasme warga dalam mengikuti Paten sangat luar biasa. Bahkan banyak warga yang terpaksa dokumen pengajuannya tidak bisa diselesaikan di acara paten karena melebihi kuota yang ditargetkan. "Sangat ramai, sangat padat. Semua pelayanan yang ada dipadati warga," ujarnya singkat. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template