Bangga Jadi Guru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bangga Jadi Guru

Bangga Jadi Guru

Written By Admin Raka on Minggu, 29 April 2018 | 14.00.00

KLARI, RAKA - Lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah dibanding di rumah, itulah keseharian Maryati salah satu guru yang tengah mengabdikan dirinya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sehati Karawang. Meskipun begitu, tapi tidak menurunkan semangatnya untuk terus mendidik anak-anaknya di rumah.

Perempuan yang akrab dipanggil mis ini menyampiakan, pendidikan kepada anak harus mengetahui terlebih dahulu apa yang diinginkannya. Maka orang tua akan mudah untuk memfasilitasi apa yang menjadi keinginannya. Jangan sampai kata guru yang akrab dengan siswa ini, keinginan orangtua harus diikuti oleh anak atau dipaksakan. "Jangan kebalikan nya, keinginan anak dulu baru keinginan orangtua, kalau sesuai dengan keinginan anak itu akan mudah bagi mereka untuk berkembang, berbeda dengan keinginan orangtua yang dipaksanakan kepada anak itu hasilnya tidak akan maksimal," katanya.

Meski banyak menghabiskan waktu di sekolah perempuan yang sudah dikaruniai dua orang anak ini juga mengaku bahwa setelah pulang dari sekolah, ia bisa berkumpul bersama keluraga termasuk anak dan suami. "Kalau pulang dari sekolah aja ketemunya, yang penting kita tahu kegiatan anak-anak apa aja selain sekolah," tuturnya.

Selain disibukan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah, untuk membimbing kedua anaknya tersebut ia lebih memilih menyibukan kedua anaknya dengan kegiatan lainnya, seperti masuk bimbingan belajar di luar sekolah dan aktif dalam berbagai kegiatan yang diingikannya. "Kita juga harus tahu apa yang menjadi keinginan mereka, asalkan itu baik buat anak kenapa kita tidak," ucapnya.

Selain itu, bagi guru yang hobi menulis ini juga menyampaikan, untuk membuat keakraban di dalam keluarga harus mampu meluangkan waktu untuk keluaraga berkumpul melakukan liburan bersama di luar rumah. Karena dengan melakukan kegiatan liburan tersebut merupakan salah satu upaya yang mudah bagi keluarga dalam menjalin keakraban satu sama lain. "Selain dekat sama anak-anak di rumah kita juga harus sering ajak mereka liburan minimal seminggu sekali buat nambah deket aja," terangnya.

Bagi dia, mendidik atau mengajar adalah suatu kepuasan tersendiri dan ketika melihat anak-anak belajar adalah kesenangan hati. Maka tak heran jika guru yang akrab dengan seluruh siswa ini banyak menjadi tempat curahan hati bagi anak-anak. "Bisa mendidik mereka adalah kebangga da kepuasan bagi saya, apalagi bisa bermanfaat bagi kehidupan mereka nantinya," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template