Awas Hama Kresek Menyerang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awas Hama Kresek Menyerang

Awas Hama Kresek Menyerang

Written By Admin Raka on Minggu, 08 April 2018 | 17.38.00

Penyuluh Pertanian Ingat Petani 

TELAGASARI, RAKA - Masalah klasik gagal panen karena serangan hama padi kembali membuat cemas petani Desa Pulosari, Kecamatan Telagasari. Apalagi sepekan terakhir ini hama kresek mulai menyerang tanaman padi di wilayah tersebut.
Kekhawatiran itu diungkapkan setelah menyaksikan hama tersebut menyerang tanaman padi usia 55 hari setelah tanam di areal pesawahan di golongan air 4 Desa Pulosari Kecamatan Telagasari. Kendati belum luas, namun para petani yang tak kurang dari 3 mingguan lagi panen ini, diminta waspada dan mengikuti Gerakan Pengendalian (Gerdal) hama kresek.
Penyuluh Pertanian Desa Pulosari Eva Lady Mustika mengatakan dirinya bersama Petugas Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) memantau tanaman padi di lahan Kelompok Tani (Poktan) Sumber Tani di Desa Pulosari. Sebab, tanaman yang rata-rata ditanami varietas padi ciherang ini terindikasi sedang menghadapi serangan hama Kresek yang menyerang daun tanaman.
"Serangannya memang masih tahap awal tetapi patut disikapi serius," katanya. Karenanya, lanjut Lady, kekhawatiran menyerang tanaman lebih luas memungkinkan terjadi, makanya ia bersama POPT memperingatkan para petani agar segera menggalakan pengendaliannya, seperti penyemprotan fungisida." Baru serangan awal sih, khawatir saja meluas kita berikan imbauannya ke petani," Katanya.
Lebih jauh Eva menambahkan, penyemprotan harus dilakukan dengam fungisida agar kresek tidak banyak merusak daun tanaman, bahkan pada bulir padi nantinya. Untuk itu sebutnya, manfaatkan fungisida terbaik untuk menekan kresek di areal pesawahan dengan penyemprotan yang tepat waktu dan tepat sasaran. Pun demikian, Lady juga mengingatkan agar petani tidak perlu khawatir lagi terhadap gaga panen, karena sudah ada asuransi yang menjamin kerugian petani terhadap gagal panen.
"Jangan berpikir gagal panen karena para petani sudah memiliki Asuransi Usaha Tani (AUTP). Karenanya yang terpenting sekarang adalah gerakan pengendaliannya ini bisa dilakukan agar kreseknya tidak terlalu menyebar ke pertanaman lainnya. Sedang disini, substansinya PPL khawatir saja, sehingga melakukan pemantauan dan memberikan arahan," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template