Awas, Batu Belah di Atas Truk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awas, Batu Belah di Atas Truk

Awas, Batu Belah di Atas Truk

Written By Admin Raka on Jumat, 20 April 2018 | 13.15.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Kekhawatiran tertimpa batu belah ketika mengendarai mobil di belakang truk yang sedang melintas di jalan utama Badami Loji di perlintasan Desa Wanakerta, Kecamatan Telukjambe Barat, kembali diungkapkan. Apalagi bak truk-truk sarat material bangunan itu tanpa penutup, sehingga kemungkinan material terjatuh ketika melintasi jalan berlobang dan berkeroak lebih besar. 
"Saya khawatir kalau melintasi jalan berlobang truknya kan jadi oleng. Dalam kondisi begitu batu-batu yang ada di bak truknya otomatis berubah posisinya. Takutnya,
ada materialnya terjatuh yang terjadi pasti mengenai pengguna jalan yang di belakangnya. Bisa saja hal itu terjadi," ucap Samsudin (44) sopir minibus asal Kabupaten Bekasi, belum lama ini.
Samsudin merasa ngeri jika berada tepat di belakang truk pengangkut material yang kelebihan beban angkut dan membawa material keras, seperti batu belah dan pasir karena khawatir barang bawaannya bisa saja terjatuh.
Aktifitas truk pengangkut material tanpa penutup di jalan utama Badami Loji itupun dipermasalahkan Asmawi (38) warga Desa Wanakerta, Telukjambe Barat. Dia melah  mengingatkan pemerintah agar menyediakan petugas yang mengatur perihal beban angkut. Selama ini jalur Karawang Selatan memang jalur truk-truk yang kelebihan beban. Sayangnya, sampai saat ini tidak ada petugas yang mengawasi perihal tersebut.
Diakuinya kelas jalan pun kini merupakan polemik yang belum jelas bagaimana solusi ke depannya. "Hampir setiap hari jalan dilalui truk-truk berat dengan beban sepertinya melebihi tonase. Sayangnya dinas yang berkompeten di bidang itu tidak ada yang mengawasi, sehingga seperti santai adanya. Bahkan seperti seenaknya saja, dan persoalan jalan pun hingga kini belum ada kejelasan apakah jalan Karawang Selatan kelas 2 atau kelas 1, karena selama ini didominasi oleh truk-truk besar," kesalnya.
Sementara Kurnaedi (38) tokoh pemuda Desa Wanakerta juga mengingatkan Pemerintah Karawang supaya serius menyikapi aktifitas truk-truk sarat material membahayakan di lintasan Badami Loji. Terlebih tidak sedikit truk-truk yang melintas tanpa penutup bak. Kondisi ini amat berbahaya jika menimbang keadaan jalan di lintasan itu yang berlobang dan banyak keroakannya. "Mestinya truk dengan muatan terlalu berat tidak boleh melintas, tapi ini seperti dibiarkan," tandasnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template