Anggota BPD Dibatasi 9 Orang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anggota BPD Dibatasi 9 Orang

Anggota BPD Dibatasi 9 Orang

Written By Admin Raka on Jumat, 13 April 2018 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Tahapan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mulai disosialisasikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang ke sejumlah kecamatan.
Selain harus sudah ancang-ancang mempersiapkan panitia pemilihan 11 orang, jumlah anggota BPD di setiap desa nampaknya akan semakin ramping yaitu maksimal 9 orang.
Kasie Tata Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Karawang Andry Irawan mengatakan, pemilihan anggota BPD akan dilangsungkan pada 16-31 Juli mendatang, namun tahapannya mulai awal Mei ini. Sistem pemilihannya sendiri harus dilakukan secara demokratis, bisa dengan pemilihan langsung maupun pemilihan dengan musyawarah antardusun. Tapi khusus di Karawang, sistem pemilihannya melalui musyawarah. "Dulu anggota BPD bisa sampai 11 orang. Saat ini dibatasi sampai 9 orang saja dan paling sedikit 5 orang saja," ungkap Andry kepada Radar Karawang, Kamis (12/4).
Jumlah anggota BPD, kata Andry, didasarkan atas pertimbangan jumlah penduduk. Misalnya penduduk desa ada 1.000 sampai 3.500 jiwa, anggota BPD nya 5 orang. Sementara jika jumlah penduduknya 3.500 sampai 7.000 jiwa, maka anggota BPD 7 orang. Dan penduduk lebih dari 7 ribu orang, anggota BPD sebanyak 9 orang. "Rumusnya adalah jumlah warga per dusun dibagi jumlah total penduduk, dan dikali kuota," tuturnya.
Dia berharap pemerintah desa sudah ancang-ancang membentuk panitia 11 pemilihan BPD, melibatkan dua unsur yaitu pemerintahan seperti sekdes dan kasie pemerintahan, juga dari unsur tokoh masyarakat yang nantinya harus jadi ketua panitia. "Saat ini sudah harus siap ancang-ancang bentuk kepanitiaan untuk pemilihan ini dari dua unsur itu," katanya.
Sekretaris DPMD Kabupaten Karawang Wawan Hernawan mengatakan, anggaran pemilihan anggota BPD ditanggung oleh alokasi dana desa (ADD). Artinya, panitia pemilihan BPD tidak boleh memungut biaya tambahan pemilihan musyawarah antardusun kepada calon anggota BPD. Ia juga mengingatkan pemilihan BPD tidak ada istilah dipercepat, karena bakal ada hajat Pilkades. Tetapi tahapannya sudah harus dilakukan, walaupun SK BPD lama berakhir bulan November. "Syarat dan ketentuan pencalonan diperhatikan betul. Dan panitia tidak dibenarkan memungut pada calon anggota BPD," tutupnya.(rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template