AHM dan DAM Edukasi Cara Berkendara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » AHM dan DAM Edukasi Cara Berkendara

AHM dan DAM Edukasi Cara Berkendara

Written By Admin Raka on Rabu, 18 April 2018 | 17.45.00

Diikuti 27 Karyawan di Indotaisei 

CIKAMPEK, RAKA – Dalam rangka meningkatkan kompetensi teknik berkendara yang baik, sebanyak 27 orang peserta di berbagai perusahan otomotif yang ada di kawasan Indotaisei Kecamatan Cikampek, digembleng dengan Training For Trainer Safety Ridding untuk PIC K3 perusahaan di kawasan Indotaisei Cikampek selama dua hari berturut-turut.
Program yang bertajuk "Keselamatan Berkendara, Budayakan Keselamatan sebagai Kebutuhan", tidak hanya diberikan teknik dasar berkendara mulai dari slalom, breaking dan narrow plank saja. Namun merupakan aktivitas rutin yang sudah diagendakan komite keamanan kesehatan dan keselamatan kerja (K3L) Kawasan Indotaisei Kecamatan Cikampek, kerjasama dengan PT Astra Honda Motor dan PT Daya Adicipta Motora.
Ketua Komite K3L Indotaisei Cikampek Syaipul Alamsyah menyampaikan, sebanyak 27 peserta di berbagai perwakilan perusahaan yang ada di kawasan ini diberikan kompetensi mengenai teknik berkendara yang baik, mulai dari slalom, breaking dan narrow plank. "Acara ini berlangsung selama 2 hari yang dilaksanakan di Kawasan Indotaisei, mulai dari kemarin Senin dan Selasa tanggal 16-17 April 2018. Harapan program ini bisa ditumbuhkan keselamatan berkendara, budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," terangnya kepada Radar Karawang saat berada di lokasi trainning, Selasa (17/4) pukul 11.30 WIB.
Menurutnya, program tersebut bukan hanya merupakan aktivitas rutin yang sudah diagendakannya. Namun, bertujuan menuju perilaku berkendara yang aman, nyaman dan selamat bagi seluruh karyawan di kawasan ini. "Dalam acara tersebut juga disampaikan materi tentang Undang Undang Lalu Lintas oleh Kapolsek Cikampek  Kompol Soekirno," katanya.
Dia berharap, adanya penggemblengan teknik dasar berkendara yang benar, bisa dirasakan dan dibagikan terhadap orang di sekitar lingkungannya. "Semoga acara yang sudah dilaksanakan dapat bermanfaat dan dapat diteruskan ilmu, kepada seluruh karyawan di perusahaan masing-masing," harapnya.
Di lokasi yang sama, Instruktur Safety Ridding dari Astra Honda Motor (AHM) wilayah Sunter, mengatakan, dengan adanya trainning teknik dasar berkendara yang baik, tidak hanya menjadi sebuah upaya dalam meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas di wilayah ini. Namun, menjadi solusi menjaga keselamatan jiwa para karyawan yang selama ini berkendara. "Iya ini juga salah satu cara untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas yang dialami karyawan, saat mau berangkat kerja maupun pulang kerja, agar berkendara dengan baik dan benar," katanya.
Karena menurutnya, ada hal yang membedakan pengendara yang memiliki teknik dasar berkendara, dengan yang bermodalkan keberanian. Hal itu tentunya lebih berpotensi besar kecelakaan terjadi akibat pengendara tidak memperhitungkan, ataupun terlatih dalam berkendara dengan teknik yang benarnya itu seperti apa. "Kalau saat tranning para peserta pelatihan tentu mereka ada kesulitannya, karena ini berbicara teknik. Dimana seorang pembalap MotoGP saja, teknik dasar mereka seperti yang kita ajarkan kepada puluhan peserta ini," ucapnya.
Adapun itu, baginya, meski sudah piawai berkendara puluhan tahun, jika tidak dibekali dengan teknik dasar yang baik masih dinilai belum baik dalam berkendara. "Materinya itu paling susah di lintasan angka 8, dimana saat peserta dengan kecepatannya meski fokus untuk melakukan belokan. Jika sudah tahu dasarnya, maka itu akan terlihat tenang dan tidak takut terjadi kecelakaan. Semoga ini menjadi awal dan kedepannya akan terus ada trainning seperti ini di wilayah kawasan ini," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template