515 Siswa Penghafal Alquran Diwisuda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 515 Siswa Penghafal Alquran Diwisuda

515 Siswa Penghafal Alquran Diwisuda

Written By Admin Raka on Jumat, 20 April 2018 | 17.00.00

KUTAWALUYA, RAKA- Dipadukan dengan memperingati Isra Mikraj, 515 siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kutawaluya melangsungkan prosesi wisuda penghafal ayat suci Alquran. 471 siswa penghafal surat Yasin, dan 44 siswa penghafal juz 30.
Kemampuan hafalan siswa mulai dari siswa kelas 7, 8, dan 9 tersebut hasil dari pembiasaan yang dilakukan oleh pihak sekolah. Setiap setengah jam sebelum melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), siswa diberikan waktu untuk membaca ayat-ayat suci Alquran. Meskipun pihak sekolah tidak menekankan kepada siswa untuk menghafalnya, karena terbiasa dibaca, setengah dari jumlah siswa SMPN 1 Kutawaluya mampu membacanya tanpa melihat teks.
Dikatakan Kepala SMPN 1 Kutawaluya, Daud Hudawi, pembiasaan yang dilakukan oleh pihak sekolah bukan hanya pada tataran literasi, atau membaca buku yang telah disediakan. Sebelum jam pelajaran dimulai, siswa diberi waktu setengah jam untuk membaca Alquran, mulai dari surat Yasin dan juz 30 kitab suci Alquran. "Prosesi wisuda ini untuk mereka yang sudah berhasil menghafal surat Yasin dan 1 juz di juz terakhir," ucapnya, kepada Radar Karawang.
Dari jumlah siswa kurang lebih 1.400, setengah dari jumlah tersebut sudah bisa menghafal ayat suci Alquran meskipun ayat-ayat pendek. Sedangkan sisanya, meskipun sudah kelas 9 dan belum menghafal salah satu kirteria tersebut, belum bisa diikutsertakan dalam acara prosesi wisuda. Secara tidak langsung akan memicu mereka yang belum mampu menghafal.
Lebih lanjutnya, daya tangkap dan kecerdasan siswa alangkah lebih baik ditempa sejak dini. Dengan diberikan pembiasaan membaca Alquran setengah jam sebelum KBM, selain bisa mengasah kemampuan mereka dalam menghafal, kemampuan membaca mereka juga akan lebih meningkat. "Kita juga siapkan perpusattakaan deng berbagai macam bacaan, mulai dari fiksi, roman dan novel. Ternyata mereka malah meminta judul-judul buku baru untuk di baca," ujarnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template