30 Hektare Sawah Kekurangan Air - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 30 Hektare Sawah Kekurangan Air

30 Hektare Sawah Kekurangan Air

Written By Admin Raka on Selasa, 17 April 2018 | 14.30.00

TEGALWARU, RAKA - Dua pekan terakhir ini petani Dusun Kebon Ceret, Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru kelimpungan setelah pasokan air ke sawah mereka mengalami penyusutan, sementara tanah sedang digarap. Karenanya petani terpaksa menggunakan pompa air untuk mengairi sawah dan padi yang keburu ditanam agar tetap tumbuh.
"Ada dua minggu hujan tidak turun, padahal usia tanam padi baru dua minggu. Kalau dibiarkan kering bisa gagal tanam, akhirnya menggunakan pompa hisap air agar sawah bisa terairi," ujar Kajim (39) petani Kebon Ceret, Senin (16/4). Menurut Kajim, ada sekitar 12 petani di wilayah itu yang sawahnya kesulitan air. Sehingga supaya bisa mendapatkan air sebagian petani membuat dam parit penahan air di saluran sungai Cikumpeni, dan mendistribusikan ke lahan persawahan dengan cara dipompa menggunakan mesin pompa.
Senada itu, Jaja (45) juga petani di desa yang sama, menambahkan kini petani mesti kerja keras untuk mendapatkan air.  Padahal sekitar  30 hektar sawah di Dusun Kebon Ceret mengandalkan Sungai Cikumpeni sebagai sumber air. "Pompa air bukan cuma digunakan di Cipurwasari tetapi juga  petani Desa Cigunungsari, dan tetangga kecamatan seperti di Desa Medalsari pun banyak yang sudah menggunakan pompa air," tegasnya.
 Kepala UPTD Balai Pertanian Kecamatan Tegalwaru Asep Ekeng SP. mengungkapkan, kondisi perairan di wilayah selatan di musim kemarau memang mengkhawatirkan. Padahal fasilitas infrastruktur untuk pengairan sudah  banyak di bangun untuk meminimalisir kesulitan air ketika masuki kemarau. "Sejauh ini persoalan kesulitan air masih bisa tertangani. Sawah-sawah kekurangan air hanya beberapa titik saja. Dan itu bisa diminimalkan dengan keberadaan embung - embung dan damparit, juga saluran tersier," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template