265 Bayi Gizi Buruk, Pedes Paling Banyak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 265 Bayi Gizi Buruk, Pedes Paling Banyak

265 Bayi Gizi Buruk, Pedes Paling Banyak

Written By Angga Praditya on Rabu, 11 April 2018 | 12.15.00

KARAWANG, RAKA - Kabupaten Karawang darurat gizi buruk. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang, tahun lalu penderita gizi buruk mencapai 265 orang. Sedangkan puskesmas yang paling banyak menangani penderitanya adalah Puskesmas Pedes sebanyak 19 orang.
Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Karawang dr Nanik Jodjana menyampaikan, masalah gizi buruk bukan hanya Dinkes yang bertanggung jawab. Tapi semua sektor harus ikut berperan mengatasi persoalan itu. "Bahkan sampai pihak swasta pun harus aktif meminimalkannya," ungkapnya kepada Radar Karawang di ruang kerjanya, Senin (10/4) kemarin.
Ia melanjutkan, ada beberapa faktor penyebab gizi buruk. Seperti ketahanan pangan, pola hidup, kondisi lingkungan, hingga kelahiran yang tidak normal. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh setiap keluarga, agar anak-anaknya bisa terjaga dari resiko gizi buruk. "Gizi buruk itu dilihat dari tinggi badan dan berat badan, indikatornya dari itu," ujarnya.
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kata Nanik, kerap disepelekan oleh masyarakat. Padahal, hal itu sangat penting agar kondisi kesehatan masyarakat bisa terjaga. "Masyarakat tidak paham akan kesehatan, sehingga memberikan makanan kurang baik. Dan itu bisa muncul terjadinya gizi buruk," ujarnya
Meski begitu, pihaknya dipastikan sigap menangani gizi buruk. Dirinya berharap, masyarakat bisa aktif memberikan informasi kepada Dinas Kesehatan, jika di lingkungannya ada yang menderita persoalan tersebut. "Upaya kita memberikan makanan tambahan. Namun masalah gizi buruk itu faktornya banyak, misalnya dari pola asuh. Bahkan kualitas lingkungan bisa jadi faktor penyebabnya," ungkapnya.
Nanik mengatakan, sepanjang tahun 2017, ada 256 kasus gizi buruk. Sedangkan wilayah yang paling banyak penderitanya ada di Kecamatan Pedes sebanyak 19 orang, Cibuaya 18 orang dan Adiarsa 13 orang. "Puskesmas Pedes yang paling banyak menangani kasus gizi buruk. Sedangkan RSUD Karawang ada 3 kasus," tuturnya.
Sementara itu, Kepala Puskesmas Pedes Warno justru mempertanyakan data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan. "Itu data dari mana? dan tahun berapa?," tuturnya. (apk/rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template