1.632 e-KTP Warga Campaka Belum Tercetak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 1.632 e-KTP Warga Campaka Belum Tercetak

1.632 e-KTP Warga Campaka Belum Tercetak

Written By Admin Raka on Rabu, 04 April 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Warga Kecamatan Campaka, menduduki tempat terbanyak warga yang belum KTP Elektroniknya tercetak. Diketahui dari data Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil sebanyak 1.632 dari jumlah pencetakan 29.420.
Budi Kuncoro, Bagian Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil mengatakan, total jumlah keseluruhan dari tiap kecamatan untuk percetakan sebanyak 635.337, sementara yang belum tercetak jumlahnya 14.799 dari seluruh kecamatan. "Tiap kecamatan berbeda-beda jumlah pencetakannya, disesuaikan kepada permohonan dari warga yang sudah wajib punya KTP," terang dia.
Ia juga menjelaskan, kendala yang ada sewaktu melakukan pencetakan adalah keterbatasan blanko dan kesadaran masyarakat. "Keterbatasan blanko masih menjadi kendala, karena ketergantungan ke pusat, daerah tidak diperbolehkan pengadaan sendiri masih disuplay oleh pusat," jelasnya.
Ia juga mengatakan, untuk keabsahan E-KTP bisa dicek secara nasional, pihak di daerah tidak bisa mencetak langsung harus dikirimkan ke pusat terlebih dahulu. "Untuk melakukan pencetakan, terlebih dahulu dilakukan perekaman data dan masih banyak juga jumlah yang belum terekam," terangnya.
Diketahui jumlah warga yang belum melakukan perekaman data dari tiap seluruh kecamatan berjumlah 3.436 orang. "Untuk jumlah perekaman seluruh kecamatan berjumlah 650.136, yang paling terkecil jumlah orang yang belum perekaman yaitu Kecamatan Pondoksalam sebanyak 14 orang," paparnya.
Ia juga mengatakan, kesadaran pemohon E-KTP masih kurang, khususnya terkait perpindahan domisili. "Misalkan ada yang pindah ke Karawang hanya orangnya saja yang pindah, tapi datanya gak dicabut baik yang pindah ataupun yang datang. Kesadaran masyarakat masih kurang, ada juga yang datang ke sini pakai biodata palsu, yang terdapat di dua tempat kita pastikan ketika ada penemuan data tersebut tidak akan tercetak KTP-nya," pungkasnya.(cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template