150 Karateka Seleksi Kejurnas Karate Tradisional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 150 Karateka Seleksi Kejurnas Karate Tradisional

150 Karateka Seleksi Kejurnas Karate Tradisional

Written By Admin Raka on Senin, 02 April 2018 | 11.15.00

PURWAKARTA,RAKA-  Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) Korca Purwakarta gelar seleksi kejurnas karate tradisional di Cikao Park Purwakarta. Kejuaraan ini tak hanya dinominasi karateka dari Purwakarta saja, namun juga diikuti oleh kontestan dari Depok, Karawang, Bekasi, Jakarta dan Tanggerang.
"Peserta 150 karateka mulai usia 8 sampai 17 tahun, dibagi dalam beberapa kelas tanding, putra dan putri. Seleksi ini untuk menjaring karateka yang nanti akan mengikuti kejurnas karate tradisional Piala Menpora, pada Oktober mendatang di Kota Palu," ujar Sensei Eben Hiezer Sembiring, selaku Ketua FKTI Korca Purwakarta, ditemui di lokasi kegiatan, Sabtu (31/3) lalu.
Menurutnya, sejak 2012 lalu sudah puluhan karateka dari Purwakarta telah berkontribusi dan menjadi juara pada ajang-ajang nasional. "Pembinaan atlit sejak dini terus kita lakukan, di Purwakarta sudah terdapat sejumlah dojo, seperti di Citalang dan Perum Kotabaru," ujarnya.
Sensei pemilik dojo di Desa Citalang Purwakarta itu juga berharap, peran serta pembinaan dari pemerintah daerah setempat bisa lebih masif lagi. "Terutama yang berkaitan dengan pembinaan karateka yang akan mengikuti ajang di tingkat dunia. Sementara ini, untuk ajang tingkat lokal dan nasional, kita berswadaya mencari pembiayaan," tuturnya.
Di tempat yang sama, Ketua Dewan Penasehat FKTI Korda Jawa Barat, Sensei Yono Soedono, mengungkapkan sejumlah perkembangan olah raga bela diri karate tradsional khususnya di Jawa Barat. "Dari 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat tersebar puluhan dojo yang terus berkembang dalam pembinaan atlet-atlet yang dapat mewarnai dan berprestasi dalam kancah nasional, bahkan internasional," katanya.
Namun demikian, peran serta pemerintah belum dirasa maksimal dalam hal pembinaan para atlet bela diri tersebut. "Padahal setiap tahun kejuaraan tingkat nasional olahraga ini menggunakan nama Menpora Cup," ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris FKTI Korca Purwakarta, Herman. merinci sejumlah hasil pertandingan pada seleksi yang digelar di Cikao Park itu, diantaranya untuk kategori usia 8-9 tahun putri, keluar sebagai juara pertama kelas yaitu Haeizmy Gursilva, dan Ghaisani Qonitah juara 2 kumite dan juara 2 kata perorangan putri usia 8-9 tahun. Untuk kategori peseorangan putri usia 10-11 tahun juara pertama diraih Nailah Hasnah. Kemudian M.Daffa Yadia Alghaza juara 1 kumite dan juara 2 kata perseorangan putra usia 12-13 tahun lalu M.Naufal Mubarok juara 2 kumite putra dan juara 3 kata perorangan putra usia 12-13 tahun.
Sementara untuk kategori peseorangan putra usia 14-15 tahun juara pertama diaraih Muhammad Albar, kemudian  Amelia Putri Makuaseng, Putri Tsabitaj Dasril, Nadiska juara 3 kata beregu putri usia 14-15 tahun. Seluruh karateka diketahui dari dojo Perum Kotabaru Campaka Korca Purwakarta.(gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template