15 Agen Siap Salurkan BPNT - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 15 Agen Siap Salurkan BPNT

15 Agen Siap Salurkan BPNT

Written By Admin Raka on Senin, 09 April 2018 | 16.15.00

CIAMPEL, RAKA - Dirubahnya program beras sejahtera (Rastra) menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bulan April ini harus sudah mulai jalan. Di Kecamatan Ciampel sudah disediakan 15 warung agen untuk menyalurkan BPNT ke 2.719 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Meski masih banyak yang mengeritik untuk persoalan data penerima, namun hal itu tidak menjadi hambatan bagi pemerintah untuk bisa segera menyalurkan program yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut.
Tokoh masyarakat Ciampel, Cep Elih menyampaikan, sebagus apapun programnya jika datanya tidak sesuai makan tetap akan menajdi masalah. Oleh karenanya dalam menyalurkan program tersebut harus benar-benra menggunakan data yang ril atau tidak dibuat-buat. "Sekrang era terbuka, jangan sampai ada permainan dalam penggunaan data," pintanya.
Dia juga menyampaikan, untuk agen penyalurnya sendiri harus benar-benar siap menyalurkan program penggati rastra itu. Katena jika tidak siap, yang akan menjadi korban adalah warga masyarakatnya sendiri. "Kalau sanggup ya harus sanggup. Jangan sampai awalnya sanggup pas di tengah jalan tidak sanggup. Nanti warga yang jadi korban," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, sebenarnya program rastra diganti menjadi BPNT itu sangat baik. Karena pemerintahan desa kini tidak lagi disibukan dengan proses pendistribusian atau penebuasan. Karena berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sering terjadi permasalahan terkait rastra apakah itu nunggak atau belum ditebus. "Kalau penyalurannya melalui agen. Maka desa bisa fokus menggarap hal lain, seperti pembangunan dan pemberdayaan masyarakat," ujarnya.
Sementara Camat Ciampel Agus Sugiono menyampaikan, porogram BPNT di Ciampel sudah siap. Bahkan saat ini hanya tingal menunggu realisasinya saja. "Ada 2.719 KPM, itu akan mengambil BPNT ke 15 agen yang saat ini sudah disiapkan," bebernya.
Dia juga menyampaikan, untuk kesiapan agen sudah dilakukan verifikasi dan pengecekan. Oleh karenanya agen tidak hanya warung-warung biasa yang sudah jalan, melainkan ada juga beberapa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). "Untuk agen (BPNT) campur, ada BUMDes dan ada warung yang sudah jadi," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template