Warga Malas Urus Dokumen Kependudukan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Malas Urus Dokumen Kependudukan

Warga Malas Urus Dokumen Kependudukan

Written By Admin Raka on Selasa, 27 Maret 2018 | 15.15.00

JATISARI, RAKA - Warga Perumahan Bumi Cikampek Baru Desa Balonggandu Kecamatan Jatisari, masih banyak yang belum melengkapi dokumen kependudukan seperti surat pindah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Hal itu sering menjadi hambatan saat terjadi persoalan yang menimpa warga.
Ketua RW 07 Perumahan Bumi Cikampek Baru, Darto Iskandar menyampaikan, masih banyak warga yang tinggal di perumahan belum memiliki dokumen kependudukan. Padahal meski aktivitas atau rutinitas warga cukup tinggi, harusnya menyempatkan diri untuk mengurus dokumen kependudukan tersebut. Karena itu untuk kebaikan warga itu sendiri. "Ada 10 persen belum mengurus pendataan identitasnya atau mengurus surat pindahnya jadi warga sini, seharusnya warga yang sudah 6 bulan tinggal di sini harus mengurusi data kependudukannya, agar nantinya dapat tercatat di desa," ungkap Darto saat ditemui di Kantor Kepala Desa Balonggandu, kepada Radar Karawang, Senin (26/3).
Ia melanjutkan, pentingnya dilakukan pendataan kependudukan tidak hanya untuk meminimalisir tindak kejahatan di wilayahnya. Namun, menjadi upaya pemerintah desa dalam menyongsong tahun ajaran baru. "Penting banget itu, agar tercatat identitasnya, biar nanti saat tahun ajaran baru mereka tidak lagi repot harus melakukan pendataan sebagai warga mana lagi, jadi biar valid juga datanya," ucapnya.
Hal senada disampaikan, Ahmad Sirojudin, pegawai Desa Balonggandu, bahwa total keseluruhan penduduk yang ada di wilayahnya tersebut saat ini kurang lebih mencapai Rp 15 ribu penduduk dari total 4 dusun yang ada di Desa Balonggandu. Bahkan, menurutnya, hingga saat ini masih banyak warga terutama yang bertempat tinggal di perumahan belum dilakukan pendataan ataupun mengurusi identitas dirinya untuk dapat terdata sebagai warga Balonggandu. "Bahkan ada yang sampai sudah lama masih belum berstatus penduduk desa ini, ya kalau bisa untuk warga perumahan segera urus data kependudukannya biar nantinya ketika ada hal apapun gampang mengurusnya," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template