Warga Bintang Alam Perbaiki Jalan Sendiri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Bintang Alam Perbaiki Jalan Sendiri

Warga Bintang Alam Perbaiki Jalan Sendiri

Written By Admin Raka on Jumat, 02 Maret 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Warga Kampung Perumahan Bintang Alam, Desa Telukjambe, Kecamatan Telukjambe Timur gotong royong memperbaiki jalan rusak di wilayahnya yang mencapai hingga 1000 meter secara swadaya, Kamis (1/3).
"Jalan yang rusak itu kebanyakan berlubang, kalau dibiarkan apalagi musim hujan malah akan membuat jalan makin rusak parah. Makanya kami secara swadaya khususnya di lingkungan RW 11 bergotong-royong mengadakan perbaikan jalan. Nanti kan yang merasakan nyaman warga juga,"tegas Ketua RW 11 Eko Budi Susanto kepada Radar Karawang, Kamis (1/3).
Dirinya pun menegaskan kerja bakti itu murni dari masyarakat dan kegiatan itu sengaja diadakan guna memberikan rasa nyaman bagi masyarakat. Perbaikan jalan itu masih sebatas kepedulian warga Perum Bintang Alam dengan dana patungan. Meskipun tidak sepermanen akses jalan di wilayah bagian jalan utama, kini tidak lagi seperti kubangan karena banyak yang menganga, apalagi disaat musim penghujan saat ini karena berlumpur dan membahayakan pengguna jalan.
Ketua RT 14 Novi Susanti membenarkan, cara ini merupakan alternatif yang harus ditempuh saat ini. Sebab, berharap peningkatan jalan melalui program pemerintah tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. "Sejak beberapa bulan terakhir ini warga terus menggalakkan kerja bakti dengan menghamparkan kerikil di sepanjang jalan desa yang rusak, dan menambalnya menggunakan semen yang dibeli secara patungan," terangnya.
Dirinya pun menegaskan, program swadaya masyarakat Perumahan Bintang Alam selain menjadikan ajang memperbanyak pahala sekaligus menjadi sarana bersilaturahmi antar warga agar jalinan kerukunan antar warga terus terbina dengan baik. "Anggaran didapatkan hasil rembug warga Perumahan Bintang Alam. Sedng proses perbaikan gunakan penambalan semen dan split," ucapnya.
Sementara total jumlah kebutuhan perbaikan diestimasi sekitar 220 titik dengan kriteria kedalaman 10 centimeter dan berlubang dengan ukuran bervariasi dari 5 cm - 15 cm dan berkeroak, malah tidak sedikit yang retak memanjang 15 - 20 meter.  (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template