USBN Selesai UNBK Menunggu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » USBN Selesai UNBK Menunggu

USBN Selesai UNBK Menunggu

Written By Admin Raka on Selasa, 27 Maret 2018 | 18.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMA versi Kurikulum 2013, berakhir senin (26/3), setelah siswa merampungkan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab di hari terakhir. Selain dikebut ujian susulan bagi siswa yang absen selama USBN, jadwal UNBK tanggal 9 April siap menunggu giliran.
Kepala SMAN 1 Cilamaya, R Eman Sulaeman M.Pd mengatakan, sebanyak 411 peserta USBN sudah merampungkan kegiatannya. Dengan melibatkan 11 Panitia dan 44 Pengawas internal, siswa kelas XII menyelesaikan semua tahapan USBN, meskipun ada dua siswa yang tidak full melaksanakan USBN. Namun hal itu masih bisa diantisipasi dengan USBN susulan sambil melakukan pemeriksaan nilai hasil USBN siswa yang lainnya. "Agenda setelah USBN hanya jeda dua pekan saja para siswa kelas XII menuju UNBK," ucapnya.
Karenanya, dilanjutkan Eman, mengisi waktu luang itu, semuanya tetap dianjurkan bersekolah dan belajar persiapan UNBK yang sudah disiapkan alat dan komputerisasinya di sekolah. "USBN selesai, tinggal dua minggu lagi siswa menuju UNBK, semoga semuanya lancar," harapnya.
Lebih jauh Eman menambahkan, nilai USBN ini berpengaruh pada kelulusan siswa dengan skala yang dibuat otoritas pihak sekolah. Berapa persen kontribusi rapor, hasil USBN dan UNBK. Bahkan, jika yang selama USBN tertinggal dan tidak melaksanakan susulan, nilainya akan minus dan terancam pada standarisasi kelulusan siswa. Untuk itu, kepada 411 siswa SMAN 1 Cilamaya yang jadi peserta UNBK, agar bisa mengikuti susulan bagi yang saat USBN tertinggal agar tidak beresiko pada kelulusan yang saat ini ditentukan pihak sekolah. "Yang belum susulan harus ikut, karena nilai mempengaruhi kelulusan nantinya," katanya.
Lebih jauh dia menambahkan, pasca USBN dan susulan ini selesai, siswa hanya punya waktu dua pekan untuk menghadapi UNBN pada 9 April, untuk itu ia pesankan agar yang paling utama terus belajar dan jaga kesehatan. Walaupun UNBK ada susulannya, namun alangkah lebih baik semuanya hadir dan lancar. Sebab, dari hasil pengayaan dan try out hingga simulasi, siswa yang mengisi 22 Rombel saat UNBK nanti, ia optimis standar ketuntasan minimal sudah bisa terpenuhi, sehingga hasil UNBK bisa bagus, karena rata-rata mata pelajaran yang di UNBK kan dan di USBN kan di serap dan difahami para siswa. "Kalau melihat hasil pengayaan kita optimis nilai UNBK siswa nanti bagus-bagus, tinggal jaga kesehatan selama dua pekan kedepan dan siapkan mentalnya," tandas Eman. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template