Urus Akta Kelahiran di Desa Gratis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Urus Akta Kelahiran di Desa Gratis

Urus Akta Kelahiran di Desa Gratis

Written By Angga Praditya on Selasa, 27 Maret 2018 | 16.45.00

KARAWANG, RAKA - Dua program unggulan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yakni sambang desa dan kunjungan Senin dan Jumat ke kelurahan dan desa, diharapkan bisa meminimalkan tingginya angka warga yang belum memiliki akta kelahiran dan identitas kependudukan. Disdukcapil sendiri sampai saat ini mengklaim sudah melakukan pelayanan optimal melalui dua program tersebut.
"Pelayanan yang kita berikan nyaris sempurna. Selain sambang desa kita juga melakukan kunjungan dua kali seminggu ke desa dan kelurahan. Sehingga bagi warga yang belum memiliki akta kelahiran dan perekaman KTP elektronik bisa membuatnya langsung di kelurahan dan desa," ucap Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcatpil Nining Ratnaningsih, kepada Radar Karawang, Senin (26/3).
Baik sambang desa maupun kunjungan dua kali seminggu ke desa dan kelurahan, menurut Nining, program itu merupakan program rutin Disdukcapil dalam memberikan pelayanan dokumen kependudukan untuk mempermudah masyarakat Karawang agar memiliki dokumen yang saat ini sudah wajib dimiliki. "Tujuan sambang desa dan pelayanan keliling itu guna meningkatkan pencapaian kepemilikan dokumen kependudukan akta kalahiran," paparnya.
Selain memberikan pelayanan kepada masyarakat di kantor Disdukcapil juga pihaknya melakukan pembagian tugas terhadap karyawan untuk menjadikan masyarakat tertib administrasi kependudukan. "Saat ini kita akui pencapaian masih terus kita genjot untuk yang terbaik, kita juga punya pelayanan one day service yakni Sehari Jadi, ada juga pelayanan online melalui whatsapp dan keliling," ujar Nining.
Dilanjutkan Nining, untuk pelayanan yang dilakukan di desa-desa tidak selamanya bisa dilakukan dengan langsung jadi, melainkan  melihat situasi dan kondisi di lapangan. "Di Desa Jatimulya saja kemarin sampai 400 orang lebih pemohon. Antusiasnya masyarakat sudah bagus, adapun sisa pelayanan yang tidak jadi di tempat kita bawa ke kantor karena keterbatasan karyawan, namun ada juga yang sebagian sudah diselesaikan di desa," ucapnya.
Tidak sampai disitu, Nining, juga kembali menandaskan, kalau untuk program pelayanan keliling ke desa dan kelurahan itu adalah program gratis alias tidak dipungut bayaran sepeserpun. "Saya tegaskan jika pembuatan akta kelahiran adalah gratis, tidak bayar," papar Nining. Tetapi Nining menambahkan program gratis itu hanya berlaku untuk warga yang mengurus sendiri keperluan bukan diuruskan orang lain. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template