TPU Kalipandan Minta Dipagar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » TPU Kalipandan Minta Dipagar

TPU Kalipandan Minta Dipagar

Written By Angga Praditya on Sabtu, 24 Maret 2018 | 19.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Selama ini Tempat Pemakaman Umum (TPU) memiliki kesan angker dan menakutkan makanya selalu tidak terawat. Namun itu dulu dan sekarang sudah berbeda. Demikian pun masyarakat Kampung Kalipandan, Desa Sukaluyu, Telukjambe Timur, mereka berharap agar pemakaman umum di wilayah mereka diberi pagar, sehingga kesan menyeramkan akan hilang dan berganti nyaman.
"Makam ini, tanahnya dari wakaf dermawan yang memberikan sebagian rezekinya bagi pemakaman. Kami warga sudah melakukan swadaya dalam hal penataan, dan pembersihan, akan tetapi, sangat disayangkan, gerbang makam tidak ada pintu dan pagarnya. Karena itu kami berharap pemerintah bisa membangunkan pagar agar terlihat nyaman dan tidak menakutkan," ucap Wishnu (59) warga sekitar yang juga sebagai petugas kebersihan TPU Kalipandan, Jumat (23/3).
Diakuinya Warga merasa perihatin karena tidak ada ciri atau tanda bahwa di tempat itu adalah pemakaman Umum. Disini dekat dengan sungai dan harapannya masyarakat akan dengan mudah menemukan pemakaman umum karena sebagian warga juga ada yang memakamkan sanak saudaranya disini. Sehingga tidak jarang karena usia makamnya sudah lama kesulitan menemukan makamnya," katanya. 
Hal sama pun diutarakan Yusuf (54) juga warga setempa, dia berharap pemerintah bisa membuat anggaran dari pembangunan daerahnya untuk memberikan perhatian guna kelayakan pemakaman sehingga pemakaman tidak terkesan tanpa perawatan. "Pada dasarnya manusia akan meninggal, dan berharap si pewaris wasiat bisa dengan nyaman menemukan di mana letak makamnya. Jangan sampai karena kurang perhatian akhirnya makamnya hilang," ucapnya.
Saat dikonfirmasi terkait, keinginan warga Dusun Kalipandan agar TPU diberi gapura dan pagar, Kepala Desa Sukaluyu Hj. Ayum, sedang tidak ada di tempat. Meski begitu Sekretaris Desa Sukaluyu Ahmad ST mengatakan jika hal itu sudah diakomodir bahkan kepala dusun sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa Sukaluyu. "Proposalnya sudah ada dan akan coba dipelajari agar pembangunan pagar makam dan Gapura tidak melanggar penggunaan anggaran. Apakah termasuk ranah anggaran Dinas PRKP atau PUPR atau malah menjadi kewenangan anggaran dana desa," pungkas Ahmad. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template