Tingkatkan Kualitas Pendidikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Written By Admin Raka on Rabu, 14 Maret 2018 | 16.15.00

KARAWANG TIMUR, RAKA - Ada hal berbeda jika mencermati perkembangan dunia pendidikan dewasa ini. Beberapa tahun lalu Indonesia yang selalu mengirimkan guru-gurunya ke Malaysia dan Singapura, tetapi sekarang terbalik, yang dikirim bukan lagi guru melainkan pelajar.
"Sekarang kita malah mengimpor tenaga pengajar dari negara-negara yang dulu kita ajar," ucap Desy Lutfiyani, pemerhati pendidikan, belum lama ini. Ironis memang, namun itulah faktanya sekarang. Suka tidak suka, mau tidak mau, itulah kenyataan yang harus dihadapi.
Desy melihat saat ini mulai kurang perhatian terhadap dunia pendidikan, disamping juga tata kelola pendidikan yang memang perlu diakui banyak yang mesti diperbaiki. Namun kalau melihat kondisi sekarang ini, tidak hanya pendidikan yang mengalami kemunduran. Penganguran, kemiskinan, infrasruktur dan sebagainya, merupakan persoalan-persoalan yang semakin membebani bangsa ini.
"Kita mungkin lupa bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menjadi indikator kemajuan pembangunan sebuah negara salah satunya adalah Pendidikan. Kadang kita sering keliru mereformasi republik ini hanya lewat ekonomi, utamanya lewat kekayaan Sumber Daya Alam semata. Padahal kekuatan sebuah negara yang utama, salah satunya adalah pendidikan," tandasnya.
Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara Eropa, sebut Desy, bukan semata mata disegani dunia karena kekuatan ekonominya, tetapi juga karena pendidikannya maju dan berkualitas. Hal itu bisa diwujudkan dengan menaruh perhatian yang besar terhadap dunia pendidikan, terhadap pembangunan Sumber daya Manusia.
Dikatakan Desy, pendidkan bukan persoalan orang per orang atau hanya sekedar ilmu pengetahuan untuk mencari kepintaran, akan tetapi pendidikan memberikan kontribusi yang besar terhadap semua aspek. "Kalau kita bisa menghasilkan SDM yang berkulitas, tentu berbagai persoalan di republik ini akan dapat diurai, sakit akut yang menahun pun bisa segera disembuhkan," ucapnya. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template