Tengkulak Bisa Permainkan Harga Gabah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tengkulak Bisa Permainkan Harga Gabah

Tengkulak Bisa Permainkan Harga Gabah

Written By Admin Raka on Selasa, 27 Maret 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Daerah didesak agar melakukan stabilitasi harga gabah yang terus berubah-ubah. Dikhawatirkan ketidakpastian harga gabah itu akan dimanfaatkan tengkulak untuk mempermainkan harga beras.
Anggota DPR RI no 220 Dapil Kalimantan Tengah (Kalteng) Dr GH Rahmat N. Hamka SH MH kepada Radar Karawang, senin (26/3) saat seminar nasional di aula kampus Unsika. 
"Saat ini kita tidak bisa main-main, peran pemerintah daerah yang paling penting untuk menjaga harga pangan di masyarakat jangan sampai ada tengkulak yang bermain," ujarnya.
Kata Rahmat, yang paling penting jangan sampai mahasiswa yang generasi penerus petani salah arah. Jangan nanti kuliahnya di Pertanian begitu selesai malah kerja di pebankan. Selain itu  pemerintah juga harus bertanggung jawab memberikan motivasi. "Pemda harus bisa melakukan terobosan untuk mengendalikan aksi tengkulak," katanya.
Masih dikatakan Hamka, dalam melakukan modifikasi terhadap kelompok tani, mahasiswa yang masih aktif di kampus saat ini harus melalkukan pemberdayaan. "Prinsipnya padi jagung yang saat ini sudah tercukupi, tapi kenapa justru harus ada impor. Harus diketahui karena itu untuk cadangan saja karena prinsip kehati-hatian saja," ujarnya.
Dikatakannya, secara teknis Indonesia amat berkecukupan pangan. Saat ini yang harus dilakukan menjaga harga dari petani agar layak. Jangan sampai adanya impor juga menjadikan petani dirugikan. "Stok pangan di masyarakt harus dihitung, namun yang terjadi saat ini tidak terpantau, sehingga terjadi semacam penimbunan atau penahan, ini yang belum tergarap mulai dari perorangan distributor yang harus dipantau lagi," ujarnya.
Impor dalam hal ini, kata Rahmat, bukan karena beras Indonesia kurang melainkan cukup.  "Cuma untuk berhati-hati saja, dari menteri pertanian sudah menjamin kalau stok pangan kita mencukupi," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template