Tanah di Hegarmanah Retak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tanah di Hegarmanah Retak

Tanah di Hegarmanah Retak

Written By Admin Raka on Rabu, 14 Maret 2018 | 11.00.00

Dua Kampung Terancam Terimbun Longsor

PURWAKARTA,RAKA - Akibat curah hujan yang cukup tinggi, retakan tanah terjadi di dua RT di Kampung Hegarmanah, Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani. Warga sekitar mengaku khawatir retakan tersebut semakin meluas dan berpotensi longsor.
Peristiwa tersebut terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Sukatani dan sekitarnya, Senin (12/3) sore lalu.  "Awalnya saat hujan, tanah menjadi retak dan beberapa lokasi bahkan amblas. Rumah warga juga ada yang sudah miring dan rusak, kami khawatir bila ini terus terjadi akan terjadi longsor," ujar Imron (40), Ketua RW 02, Desa Pasirmunjul, Selasa (13/3).
Sementara dari pantauan di lapangan, retakan tersebut terjadi di RT 05 dan 06, RW 02. Bahkan, akibat retakan itu 5 rumah warga di kampung tersebut alami kerusakan. Bahkan kemungkinan longsor sangat besar, hal tersebut disebabkan letak geografis Kampung Hegarmanah tidak rata dan di atas bukit. Jika longsor terjadi maka dua kampung di bawahnya yaitu Kampung Cigintung dan Cihampelas terancam tertimbun material longsoran dari Jampung Hegarmanah yang berada dua kampung tersebut. "Ya kalau longsor terjadi dampaknya bukan hanya Kampung Hegarmanah saja, tapi kampung di bawahnya seperti Kampung Cihampelas dan Cigintung kemungkinan besar akan tertimbun" jelas Imron.
Kepala Desa Pasirmunjul, M. Hilman Nurzaman, mengaku sudah berkoordinasi dan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak terkait termasuk ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta. Bahkan untuk menjaga retakan tanah semakin meluas, pihak Desa Pasirmunjul dan warga sudah menambah saluran air agar saat kembali turun hujan, air bisa mengalir dan tidak kembali masuk ke pemukiman warga. "Langkah awal sudah kita laksanakan seperti berkoordinasi dan melaporkan kejadian ini kepada pihak kecamatan, kabupaten bahkan ke penanggulangan bencana. Selain mendata kerusakan kita bersama warga membuat saluran baru supaya air dari atas lancar dan tidak masuk keretakan tanah," ujarnya.
Adapun lima rumah warga yang rusak yang tercatat, lanjut Hilman, adalah rumah milik Kusnadi, Masduki, Endan Jili dan Kokom, semuanya warga RT 006/RW 002 Kampung Hegarmanah. "Tentunya kita berharap retakan dan amblasnya tanah tidak semakin meluas, dan pihak terkait segera turun ke lokasi untuk membantu penanganan bencana di desa kami," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template