Sulap Barang Bekas Jadi Kursi dan Meja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sulap Barang Bekas Jadi Kursi dan Meja

Sulap Barang Bekas Jadi Kursi dan Meja

Written By Admin Raka on Sabtu, 10 Maret 2018 | 14.00.00

Hasil Pelatihan Skil di Desa Dawuan Tengah

CIKAMPEK, RAKA - Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) usia produktif yang ada di lingkungan sekitar. Pemerintahan Desa Dawuan Tengah rutin mengadakan pelatihan skil. Bahkan saat ini sudah mulai bermunculan pengusaha muda dari hasil pelatihan tersebut.
Warga Kampung Pajaten RT 04/05, Desa Dawuan Tengah Pauzi Jein (24) yang merupakan peserta pelatihan BLK gelombang III mengatakan, dengan mengikuti pelatihan skil yang diadakan pihak desa dalam dunia otomotif. Tidak hanya sebagai pembekalan dalam membuka peluang usaha di bidang perbengkelan saja, akan tetapi mampu menyiapkan generasi muda yang mandiri berbeda dengan desa lain. "Iya alhamdulilah sejak ikut pelatihan di BLK yang diadakan di desa dulu, saya yang hanya lulusan SMP, bisa merintis usaha kecil-kecilan bengkel otomotif," ungkap Pauzi kepada Radar Karawang, Jumat (9/3).
Sementara itu, Kepala Desa Dawuan Tengah Jejen Jaenal Arifin mengatakan, dari hasil pelatihan-pelatihan peningkatan kemampuan skil para pemuda yang ada di wilayahnya, kini sudah sedikit berbuah hasil sesuai dengan target desa selama ini. Hal itu terbukti dengan  mulai banyaknya usaha-usaha mandiri yang dilakukan warga sekitar. "Sudah ada beberapa pemuda yang sudah bisa menciptakan karya bernilai tinggi dari barang bekas drum dengan membuat kerajinan kursi serta meja, itu menjadi sumber penghasilan mereka sekarang," ujarnya.
Bahkan, menurutnya, berbagai hasil kerajinan furniture berbahan drum tersebut. Tidak hanya dapat direspon tinggi para industri yang ada di wilayahnya. Akan tetapi, sudah adanya rencana dalam waktu dekat akan dilakukan pameran kerajinan di wilayah ini. "Hasil kerajinan kursi dan meja satu set kumplit dari barang bekas yang dibuat unik oleh para pemuda usai ikut pelatihan skil sebelumnya, mendapat respon bagus. Kami sudah ada kerjasama dengan pihak Pupuk Kujang segera akan mengadakan pameran hasil karya kreativitas buatan anak muda di desa ini, untuk dikenalkan keberbagai wilayah serta daerah nantinya," katanya.
Dia juga menyampaikan, itu semua menjadi bukti bahwa peningkatan SDM dengan melakukan berbagai pelatihan sangat efektif untuk membekali generasi mdua di era seperti sekarang ini. "Karena kami sudah memfasilitasi mereka dengan mengadakan pelatihan skil kemampuan mereka, alhamdulilah sekarang sudah ada hasilnya," tambahnya.
Dia berharap, dengan adanya program pelatihan tersebut bisa menjadikan akses penting dalam menjaring generasi muda di wilayah ini untuk lebih mandiri serta mampu memiliki kreativitas yang tinggi. "Semoga mereka bisa terus membuat trobosan baru. Jadi nanti untuk hasil-hasil kerajinannya akan ditampilkan di pameran nanti," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template