Solihin GP Inginkan Cawapres dari Sunda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Solihin GP Inginkan Cawapres dari Sunda

Solihin GP Inginkan Cawapres dari Sunda

Written By Admin Raka on Kamis, 15 Maret 2018 | 19.03.00

SESEPUH masyarakat Sunda yang sangat berpengaruh di Indonesia, Solihin GP, menginginkan orang Sunda menjadi pemimpin nasional pada Pilpres 2019 nanti.
"Orang Sunda harus membuat sejarah dan berkontribusi kepada NKRI. Jangankan jadi cawapres jadi calon presiden juga harus. Bahkan jadi pemimpin dunia," ucap Mang Ihin, sebutan akrab Solihin GP kepada para tokoh sunda yang berkumpul di kediamannya di Bandung, Rabu (14/3).
Mang Ihin menyampaikan rasa optimisnya bahwa Presiden Jokowi bisa kembali memimpin kalau pendampingnya berasal dari orang asli Jawa Barat yang menjadi tokoh Sunda, dekat dengan ulama, dan punya kapasitas serta pengalaman pemerintahan. Hal senada juga diungkapkan Kepala Pusat Penelitian Pascasarjana Universitas Nasional Dr. Robi Nurhadi. Robi yang juga pimpinan organisasi kaderisasi kepemimpinan Sunda GENTRA, mengatakan siapapun yang akan menjadi presiden nanti harus mempertimbangkan refresentasi kader dari Jawa Barat dan dekat dengan ulama atau kelompok Islam.
"Gerakan 212 dua tahun lalu berimbas pada kuatnya posisi Islam dalam penentuan kepemimpinan nasional saat ini, juga pemilih yang besar di Jawa Barat dan Banten. Dua hal tersebut menjadi titik lemah Jokowi yang mesti ditutupi dengan kehadiran pendampingnya yang merefresentasi dua variabel tersebut," kata Robi.
Ditambahkan pimpinan organisasi yang mengelola lebih dari 10 juta kader yang tersebar di Asia Tenggara tersebut, banyak tokoh Sunda yang menonjol saat ini dan diterima diberbagai kalangan sipil dan militer, serta mempunyai pengalaman pemerintahan. "Saya kira Yuddy Chrisnandi adalah salah satu yang bisa dipertimbangkan," tambah Robi.
Robi juga menyatakan bahwa para tokoh Sunda yang telah ditemuinya dalam silaturahim itu menghendaki diakomodirnya tokoh Sunda pada Pilpres 2019 nanti. Selain Solihin GP, Robi juga menyebut beberapa tokoh Sunda yang ditemui GENTRA. Seperti Kang M. Didi Turmudzi Ketua Paguyuban Pasundan, Kang Noery Ispandji Firman Ketua Angkatan Muda Siliwangi, Kang Tjetje Padmadinata, Prof Ndin Nasrudin dari UIN SGD Bandung, Kang Memet Hamdan mantan Ketua Bamus Jabar, Kang Aceng Nasir dari Karukunan Tatar Sunda, Kang Didin Amirudin dari Banten, Kang Ghanty wakil Sunda asal Sumatera dan Kang Arry Jauhari dari unsur akademisi. (adv)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template