SMKN 1 Cikampek Juara Java Robotic Contest IX - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMKN 1 Cikampek Juara Java Robotic Contest IX

SMKN 1 Cikampek Juara Java Robotic Contest IX

Written By Admin Raka on Sabtu, 31 Maret 2018 | 17.30.00

CIKAMPEK,RAKA - Karawang patut berbanga, pasalnya pelajar asal Karawang dalam hal ini siswa SMKN 1 Cikampek keluar sebagai juara nasional Java Robotic Contest IX yang digelar di Surbaya, pada 24 sampai dengan 25 Maret lalu. Dari total peserta sebanyak 30 tim tingkat SMA/SMK yang ada, tim dari SMKN 1 Cikampek menjadi yang terbaik setelah mengalahkan MAN Insan Cendikia Kota Palu di final dengan skor 2-1.
"Dari final, kita mengalahkan Man Insan Cendikia Kota Palu. Kita sempet kalah, tapi kita unggul diakhir dengan skor 2-1. Kita juga dapat, katagori the best time divisi SMA. Dan dipenyisihan kita yang terbaik waktunya," kata Sudarma Guru Pembimbing Robotic SMKN 1 Cikampek, kepada Radar Karawang, di lingkungan sekolah.
Ia melanjutkan, saat di ranking 16 pihaknya menempati peringkat satu dengan masuk 16 besar atau per 8 final dengan sistem gugur. Akan tetapi, anak didiknya tak gentar sedikitpun melawan salah satu SMA di Surabaya itu dengan sistem gugur.
"Dua robot yang kita bawa, auto dan manual. Robotic ini merupakan transforter atau pemindah barang. Dikasih waktu 5 menit setiap gamenya, kita hampir rata di bawah 2 menit. Dan kita menang, allhamdulillah. Kemudian kita di perempat final melawan MSC MAN Surabaya dan terus melaju ke semi final, lawan tim allhamdulillah dari sekolah Al Hakim Surabaya dan kita telak menang 2-0," jelasnya.
Sementara itu, rasa bangga serta haru juga diungkapkan Ketua Tim Robotic PENA dari SMKN 1 Cikampek, Ezi Rohmat (18) siswa Jurusan Teknik Elektro dan Industri. Menurutnya, kunci keberhasilan menjadi juara 1 adalah kerjasama tim, serta dukungan dari berbagai pihak. "Yang tidak kalah penting doa dari orang tua, itu yang menjadi kunci juara kami," ujarnya.
Ezi berharap, kedepannya tim robotic di sekolahnya itu terus mengikuti ajang perlombaan dalam tingkat apapun. Sehingga, potensi dari para siswa-siswi di bidang robotic bisa dikembangkan dengan baik. Namun juga, harus didukung dengan fasilitas yang lengkap.
"Bisa semakin berkembang lagi ada fasilitasnya disediakan, agar generasi selanjutnya bisa belajar mudah, nyaman dan enak. Sebeanarnya saya lihat sekolah-sekolah yang di Surabaya itu fasilitasnya lebih memadai, dibandingnkan kami," harapnya.
Sementara itu, Kepala SMKN 1 Cikampek Drs. Makmur,M.T menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang mendukung penuh sehingga anak didiknya bisa jadi juara di ajang lomba Java Robotic Contest IX di Surabaya itu.
"Yang pasti, atas penyelanggara ini, potensi sekolah bisa terangkat, terutama sekolah berterima kasih kepada PT TMMIN Karawang. Perusahaan yang peduli ke sekolah kami, ini memang juga program dari awal, pelatihan, dilombakan itu juga diberanikan. Allhamdulillah dukungan dari PT TMMIN itu total, sekolah hanya menyediakan potensi anak saja," tambahnya.
Disamping itu, Kepala Seksi Comuniti Devlopment PT TMMIN, Adin RM menyebutkan, PT TMMIN itu perusahaan yang mempunyai tekhnologi tinggi.  Manajemen mencoba memberikan kontribusi di bidang pendidikan di Karawang terkait share teknologi.
"Dari awal memang pelatihan yang intensif, 24 kali pertemuan. Kita adakan lomba, harapannya itu, bisa menggairahkan minat siswa. Lebih konsen tekhnologi di bidang robotic. Dan itu sangat dibutuhkan dalam industri. Ini juga masuk bagian dari program CSR PT TMMIN," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template