Siswa SMPN 3 Tirtajaya Kembangkan Tanaman Aquaponik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMPN 3 Tirtajaya Kembangkan Tanaman Aquaponik

Siswa SMPN 3 Tirtajaya Kembangkan Tanaman Aquaponik

Written By Admin Raka on Selasa, 13 Maret 2018 | 18.30.00

TIRTAJAYA, RAKA- Guna meningkatkan pengetahuan budi daya tanaman dan meningkatkan kualitas sebagai sekolah adiwiyata. Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Tirtajaya, kembangkan budidaya tanaman aquaponik yang dalam pelaksanaannya para siswa dituntut untuk langsung praktek.
Pembuatan tanaman aquaponik tersebut dilakukan selain sebagai pembudidayaan tanaman, juga sebagai bahan pembelajaran siswa untuk mengetahui, bahwa tanaman tidak hanya bisa ditanam dengan media tanah, namun dapat dilakukan juga menggunakan media air, dengan bahan dan alat penunjang seadanya. Meskipun sekedar sampah.
Menurut salah satu guru pembimbing, Data, sekolah hanya menerangkan bahwa tanaman dapat ditanam di air. Sedangkan untuk teknisnya, para siswa sendiri yang diberi keleluasaan untuk berselancar di internet dengan masing-masing menyodorkan opsinya untuk dilakukan sebagai bahan praktek. Alhasil, beberapa metode penanaman dapat dilakukan oleh para siswa tersebut seperti metode sumbu apung dan rendam.
Sementara menurut Nuryasin, guru pembimbing sekaligus koordinator sekolah berbasis lingkungan, siswa diberikan ruang untuk kreativitas, karena selain pembelajaran formal, mereka juga sangat membutuhkan praktek lainnya, yang diharapkan bisa menunjang kemampuannya saat keluar sekolah. Terlebih, siswa tidak akan berfokus kepada apa yang dititahkan kepadanya. Dengan hal ini, siswa bisa menjadi lebih kreatif dan sekaligus mengimplementasikan imajinasinya ke dalam praktek. "Saat ini kita mempraktekan tanaman aquponik sistem apung. Ketika mereka keluar sekolah, saya yakin pelajaran ini akan selalu mereka ingat, karena di barengi dengan praktek yang didasari dengan kesukaanya," ucapnya.
Salah satu siswa kelas 8E, Ahmad Muladi, mengakui menemukan metode aquaponik sistem apung ini dari internet sekaligus mencari tahu cara penanamannya. Selanjutnya, pihak sekolah memberikan bimbingan agar bisa dipraktekan. Ia mengaku dengan adanya pembelajaran tersebut bisa mengetahui lebih luas tentang budidaya tanaman. "Senengnya kita bisa sambil belajar menanam," ujarnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template