Siap-siap Cairkan BOS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siap-siap Cairkan BOS

Siap-siap Cairkan BOS

Written By Admin Raka on Jumat, 09 Maret 2018 | 17.00.00

KLARI, RAKA - Kepala sekolah di Kabupaten Karawang nampaknya mesti lebih bersabar menanti pencaiaran dana Biaya Operasional Sekolah (BOS). Pasalnya keterlambatan tahap pencairan bos 2018 ini mulai dilakukan perubahan registrasi dari rekening ke giro.
Hal tersebut disampaikan langsung Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, Nandang Mulyana ada perubahan sistem pencairan BOS untuk tahun ini. Maka tidak heran jika dana bantuan dari pusat yang diturun setiap triwulan kali ini mengalami keterlamabatan. "Ada perubahan registrasi aja, sekarang untuk dana bos akan digunakan sistem giro, bisa diambil asalkan dengan sesuai kebutuhan," terangnya.
Perbuahan tersebut juga mendapatkan tanggapan dari berbagai kepala Sekolah Menegah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Karawang, Hermawan Kepala SMPN 2 Kotabaru misalnya dirinya menilai bahwa dengan perubahan BOS ke giro tidak ada bedanya dengan sistem yang dulu. Namun kali ini untuk pengambilan dana harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di sekolah. "Tidak ada bedanya cuman sesuai dengan kebutuhan saja, jadi kalau ada kebutuhan bisa dicairkan," tuturnya.
Bagi dia dengan sistem giro juga bisa membawa dampak lebih baik, sebab jika hanya mengandalkan rekening saldo setiap tahunnya selalu mendapatkan masalah terkait sisa uang yang berada di dalam rekening. "Namanya rekening semua uang tidak bisa diambil harus disisain saldo, minimal 100 ribu atau 50 ribu, jadi sangkannya takut ditimbun," ucapnya.
Berbeda dengan giro bos yang sudah diberikan nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Jadi setiap akan melakukan transaksi pencairan harus disertai dengan surat atau keterangan kebutuhan sekolah terlebih dahulu. "Buat dulu laporan kebutuhannya apa aja, baru bisa dicairkan," ungkapnya.
Hal serupa juga disampikan Kepala SMPN 2 Klari H.Suryono, selama dana bos bisa dicairkan bagi dia tidak ada perbedaan sebab sampai saat ini belum ada konfirmasi bahwa dana BOS bisa dicairkan. "Sama saja, belum konfirmasi kan BOS nya belum kita cairkan," akunya. (yna)

Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template