Sempat Grogi di Depan Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sempat Grogi di Depan Siswa

Sempat Grogi di Depan Siswa

Written By Admin Raka on Senin, 12 Maret 2018 | 19.15.00

KARAWANG, RAKA - Bisa karena terbiasa, hal itu rasakan oleh sejumlah mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang tengah melakukan Program Latihan Profesi (PLP) di SMPN 1 Tirtamulya dengan memberikan materi secara rutin kepada para siswa yang ada di sekolah tersebut, mereka menjadi terlatih dalam melakukan pengajaran sebagai guru.
Siti Robiah mahasiswi semester 7 Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unsika mengatakan, PPL itu sangat bermanfaat untuk semua mahasiswa, karena dapat mengembangkan potensi, sehingga menjadi terlatih. "Pas pertama ngajar, aku merasa grogi, soalnya belum terbiasa. Lama kelamaan hal itu hilang, soalnya aku sudah terbiasa memberikan materi rutin kepada siswa-siswa yang ada di SMPN 1 Tirtamulya," ujarnya, kepada Karawang, Kamis (8/3).
Sementara itu mahasiswa lainnya, Meti Siskaryani, mahasiswi semester 7 Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unsika mengatakan, mendidik anak-anak tidak semudah dengan apa yang dipikirkan, apalagi dengan siswa-siswi yang sulit diatur, hal itu dapat menguras tenaga dan pikiran. "Sepertinya, cukup lumayan sulit dalam melakukan PLP ini, soalnya aku belum terbiasa mamberikan pembelajaraan kepada para siswa dan siswi yang ada disekolah ini," katanya.
Meski demikian, hal itu tidak membuat dirinya pesimis dalam melakukan hal tersebut. Karena pepetah pernah mengatakan, proses tidak akan menghianati hasil. "Sesulit apapaun, kalau dijalankan dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, maka akan lebih mudah," tuturnya.
Meti mengaku, hal itu sudah dirasakan langsung oleh dirinya, semenjak dirinya melakukan latihan profesi itu, rasa percaya diri dan wawasan semakin meningkat. Karena dia telah terbiasaa memberikam materi pembelajaran kepada siswa-siswi yang ada di sekolah tersebut. "Pas pertama ngajar mata pelajaran bahasa Indonesia, aku masih grogi, soalnya aku belum punya pengalaman dan belum tahu karakter-karakter siswa yang ada di sekolah ini. Lama-lama kelamaan, alhamdulillah hal itu udah hilang, soalnya aku sudah terbiasa memeberikan materi," akunya.(acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template