Sekdes Bikin Forum, Kepala Desa Merasa Dilecehkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekdes Bikin Forum, Kepala Desa Merasa Dilecehkan

Sekdes Bikin Forum, Kepala Desa Merasa Dilecehkan

Written By Admin Raka on Senin, 05 Maret 2018 | 12.15.00

KUTAWALUYA, RAKA - Gara-gara sekretaris desa bikin Forum Sekretaris Desa Kabupaten (Forsekab) Karawang, para kepala desa yang tergabung dalam Barisan Kepala Desa Karawang (Baladewa) merasa dilecehkan. Bukan itu saja, celotehan Sekdes Telagasari Ono Rustono soal beras sejahtera membuat para kades meradang.
Namun perseteruan itu sudah mencair, setelah Ono meminta maaf kepada para kades yang diwakili oleh Ketua Barisan Kepala Desa Karawang (Baladewa) Endang di Desa Mulyajaya, Kecamatan Kutawaluya, Minggu (4/3) kemarin.
Ono mengatakan, polemik yang terjadi hanya kesalahpahaman, ,karena pembagian rastra yang digulirkan di desanya, disesuaikan dengan pagu yang sudah ditentukan. Karena ketika mau diratakan, masyarakat hanya akan kebagian kurang dari 1 liter beras. "Bukan berarti saya melecehkan atau menghina kepala desa, karena saudara saya pun sebagai kepala desa gak mungkin saya melecehkan mereka. Hanya saja pembagian beras tersebut disesuaikan dengan pagu yang sudah ditentukan," ujarnya kepada Radar Karawang.
Sedangkan dibentuknya sebuah forum yang mereka beri nama Forsekab, dirinya menyebutkan bahwa forum yang dibentuk oleh para sekdes Kabupaten Karawang, ini merupakan forum silaturahmi membahas berbagai macam administrasi mengenai desa. Apalagi saat ini dengan adanya Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang semakin merumitkan para sekdes. "Kita tidak pernah melecehkan pada kepala desa, apalagi melangkahinya. Kita membuat forum hanya sebatas untuk silaturahmi dan membenahi berbagai macam administrasi desa saja," ucapnya.
Dalam kesempatan tersebut, dirinya pun meminta maaf jika pernyataan yang sebelumnya telah menyinggung atau membuat kepala desa geram.
Sedangkan Endang mengatakan, tidak seharusnya sekdes membuat forum tanpa seizin kepala desa, karena hak dan wewenang mereka masih di bawah instruksi kepala desa. "Ada juga kalau mau bikin forum itu harusnya meminta kesepakatan dari kepala desanya masing-masing, karena mereka tetap masih berada di bawah kepala desa," ucapnya.
Namun, dengan itikad baik sekdes Telagasari yang mengakui kesalahannya dan telah meminta maaf kepada para kades, dirinya yang saat itu didampingi Kepala Desa Sindangmulya Usep Sapudin, menilai bahwa kejadian kemarin merupakan salah satu bentuk evaluasi bersama dalam meningkatkan kembali silaturahmi, dan kebersamaan antara kades dan perangkatnya.
Adapun mengenai forum sekdes, dia telah mengetahui apa maksud dan tujuannya setelah diberi penjelasan oleh Ono. "Forum tersebut tidak lain untuk ajang bersilaturahmi dan tempat untuk mengevaluasi kinerja para sekdes," tuturnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template