Satu Pelajar Terindikasi Difteri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satu Pelajar Terindikasi Difteri

Satu Pelajar Terindikasi Difteri

Written By Admin Raka on Jumat, 23 Maret 2018 | 19.34.00

PURWAKARTA,RAKA- Salah seorang pelajar di Purwakarta, sempat teridentifikasi mengidap difteri. Kasus ini ditemukan saat petugas kesehatan melakukan imunisasi ke sekolah-sekolah. Setelah dirawat selama lima hari, pelajar tersebut dinyatakan negatif diftari.
Kepala UPTD Puskesmas Purwakarta Dr. Ano mengatakan, ada pelajar dari sekolah swasta di daerah Kecamatan Purwakarta yang terkena difteri. " Diketahui setelah melakukan imunisasi di salah satu sekolah ditemukan ada sedikit flak (selaput keputihan). Lalu diobati dengan rawat jalan selama 4 hari, lalu melakukan kontrol dan cek ulang sudah tak ada lagi flak tersebut," ungkap Ano, kepada wartawan, Kamis (22/3).
Setelah itu, lanjut Ano, pihaknya kami juga langsung melakukan imunisasi kepada teman-teman sekelasnya untuk menghindari penularan. "Baru kemungkinan terjangkit. karena ada yang bergejala atau tidak, karena ada keluhan panas atau tidak. Ada juga yang setelah kita ke lapangan memeriksa tak ada gejala apapun tapi setelah di teliti lagi terkena," terang dia.
Diketahui dari data Puskesmas Purwakarta, orang yang terkena difteri Februari 2018 ditemukan dua yang suspek di luar wilayah Kecamatan Purwakarta yaitu di Pasawahan dan Babakan Cikao. Sementara pada bulan Maret ada 1 orang warga Kelurahan Nagri Kidul yang ditemukan baru kemungkinan gejala juga. "Ditemukan ada selaput lalu panas badannya, langsung dirawat dan diisolasi di ruang khusus, dibatasi ruang masuk, dikasih obat untuk menghilangkan penyakit. Ada juga yang dikasih anti difteri serum tapi itu juga sesuai tingkat gejala," terang dia.
Dia juga mengatakan, setelah lima hari dilakukan perwatan pasien yang diduga terkena difteri bisa sembuh. "Selama lima hari dilakukan perawatan intensif, setelah di cek ulang sudah negatif difteri," terangnya.
Lebih lanjut ia menghimbau untuk yang belum melakukan imunisasi, segera lengkapi tiga tahap pemberian vaksin, untuk menjaga dari terkenanya virus difteri. "Yang belum lengkap imunisasi segera diimunisasi lagi ke puskesmas supaya nanti bisa ikut lagi bulan ketiganya. Dikhawatirkan tidak lengkap mengikuti proses imunisasi dan mengganggu kekebalan," pungkasnya, sambil menambahkan, tahap tiga pemberian imunisasi difteri direncanakan Agustus mendatang. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template