Sampah di Jalan Cikelak Bau Busuk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah di Jalan Cikelak Bau Busuk

Sampah di Jalan Cikelak Bau Busuk

Written By Admin Raka on Senin, 12 Maret 2018 | 17.30.00

TEGALWARU, RAKA - Bau busuk sampah di bahu jalan utama Desa Cintalanggeng, di Kampung Cikelak, dikeluhkan. Dikhawatirkan jika tidak segera dibersihkan sampah itu akan mengundang lalat semakin banyak lagi sehingga menjadi sumber penyakit bagi warga sekitar.
"Saya saja kalau lewat jalan itu suka tutup hidung saking baunya bagaimana warga yang tinggal dekat-dekat lokasi itu, pasti tersiksa banget karena baunya," ucap Delia (20) Warga Desa Cintawargi, tetangga desa Cintalanggeng, yang setiap hari melintas lokasi pembuangan sampah itu kepada Radar Karawang, Minggu (11/3).
Delia merasa heran saja kok bisa-bisanya ada orang yang buang sampah di pinggir jalan raya. Apalagi lokasinya berada persis diatas lahan pertanian. Kalau hujan pasti sampahnya terseret air hingga masuk ke lahan pertanian dibawahnya. "Harusnya sampah itu segera dibersihkan, apalagi sekarang kan musim hujan. Baunya minta ampun, dan lalatnya pun mulai banyak. Takutnya lalatnya beterbangan ke rumah warga dan membawa penyakit," tandas Delia.
Hal sama diungkapkan Redy Hidayat. SPd (34) warga Desa Cintalanggeng yang juga tokoh pemuda di Kecamatan Tegalwaru. Menurut dia, sampah kini sudah menjadi persoalan bersama. Pemerintah mesti ikut memikirkan secara serius. Demografi masyarakat kian meningkat maka tingkat konsumtif pun bertambah besar dan salah satu imbasnya adalah masalah sampah yang membuat siapapun tidak nyaman.
"Semua harus ikut memikirkan, jangan sampai ada stigma bahwa buang sampah di bahu, sungai dan lahan kosong itu sah. Pemerintah mesti ikut memikirkan, bisa saja kita adakan musyawarah guna mengatasi persoalan sampah yang hingga kini belum ada jalan keluarnya," ungkap Redy. Dia mengingatkan kebiasaan jelek masyarakat membuang sampah menjadi sebuah tradisi yang kurang baik.
Karenanya, tradisi ini harus dibantah dan caranya melalui musyarakat lintas kabupaten. Apalagi, lanjut Redy, Presiden Jokowi sendiri saat ini tengah menggalakan persoalan jangan ada warga yang buang sampah di sungai. Masa di wilayah Karawang Selatan yang menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Karawang, malah menjadikan sungai sebagai tradisi tempat membuang sampah.
Sementara itu, Kepala Desa Cintalanggeng Emuh ketika dikonfirmasi terkait sampah berbau busuk dan menebarkan lalat di wilayah mengatakan secepatnya akan melakukan aksi pembersihan terkait keberadaan sampah di bahu jalan Cikelak tersebut. "sampah itu entah darimana. Biasanya dilakukan warga yang melintas sambil mengendarai motor dan membuang sampahnya dengan pelastik atau karung. Karena tidak ada warga yang melihat, mereka merasa nyaman saja. Tetapi akan saya pantau. Jika ketangkap saya akan buat sanksi tegas agar ada rasa jera dan tidak lagi buang sampah sembarangan," tegasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template