Rastra akan Dialihkan ke Toko Beras - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rastra akan Dialihkan ke Toko Beras

Rastra akan Dialihkan ke Toko Beras

Written By Admin Raka on Sabtu, 10 Maret 2018 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah berencana mempersiapkan toko-toko beras sebagai tempat pengambilan beras sejahtera (rastra) setelah peralihan program sosial itu menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Nantinya, masyarakat penerima manfaat rastra akan mendapatkan kupon untuk ditukarkan dengan beras di toko-tokoh beras tersebut.   
"Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan diberikan kupon yang bisa ditukarkan langsung kepada toko-toko beras yang nantinya ditunjuk untuk pengambilan beras," ucap
Sekretaris Daerah (Sekda)  H. Teddy Rusfendi Sutisna, kepada Rada Karawang, Jumat (9/3).
Sistem distribusi beras yang sebelumnya dikenal dengan sebutan beras miskin (raskin) ini ditempuh menyusul rencana pemerintah akan menghilangkan program sosial raskin atau rastra dan menggantinya dengan bantuan pangan. "Tahun ini Pemerintah berencana jika Rastra bukan lagi berbentuk beras tetapi Bantuan Pangan Non Tunai. Tetapi waktunya belum tahu, kapan akan diberlakukan," ujarnya,  usai olahraga mingguan di Lapangan Karangpawitan.
Dikatakan Teddy, pengalihan program rastra menjadi bantuan pangan agar tidak lagi terjadinya kecekcokan di lapangan, dimana pemerintahan di tingkat desa selalu menjadi dilema saat datangnya beras sejahtera yang dikirimkan bulog. "Pemerintah menginginkan melalui bolog, pembagiannya langsung ke penerima manfaat, tetapi kendala di lapangan tidak terjadi seperti itu," ujarnya.
Sebab bulog setahu Teddy, hanya memberikan beras sejahtera di satu titik, tidak langsung diberikan kepada penerima manfaat. Sehingga seketika dibagikan kepada penerima itu memerlukan biaya. Saat disinggung mengenai data penerima manfaat rastra, terkait pendataan, kata Teddy data rastra itu berbeda dengan data raskin, karena dari kemensos sendiri masih ada warga yang sudah mampu ternyata yang tidak tercoret.
"Ini jadi kendala, dan upaya kita terus kepada teman-teman di Dinsos untuk mendata secara teliti sehingga mana yang perlu ditambah dan dikurangi sehingga ril penerima manfaat itu jelas," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template