PPL Susun Strategi Pengawasan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PPL Susun Strategi Pengawasan

PPL Susun Strategi Pengawasan

Written By Admin Raka on Sabtu, 10 Maret 2018 | 17.30.00

KLARI, RAKA - Seluruh petugas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di wilayah Kecamatan Klari melaksanakan kegiatan rapat kerja teknis pengawasan kampanye pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di auala kantor Desa Sumur Kondang. Rapat tersebut dilakukan guna tida adanya eksalahan para PPL dalam menjalankan tugas. Jumat (09/03).
Ketua Panwas Kecamatan Klari Sopyan menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu tugas untuk seluruh PPL agar mengerti akan tugas dan fungsinya sebagai pengawas nanti. Terlebih kata dia, dalam menentukan strategi pengawasan. "Jadi ketika ada pelanggaran saat pemilu bisa diketahui oleh seluruh PPL dan apa saja yang harus dilakukan nantinya," ucapnya.
Adapun strategi dalam pengawasan dinatara bisa melalui pencegahan dengan tindakan dan langakah-langkah atau upaya optimal mencegah secara dini terhadap potensi pelanggaran dan indikasi awal pelanggaran. Kedua bisa melalui penindakan dengan memproses hasil pengawasan yang berupa temuan pelanggaran melalui tindakan yang dilakukan sesuai dengan aturan Bawaslu yang mengatur tentang pendindakan pelanggaran. "Kita bisa melakukan pencegahan dan penindakan jika terjadi pelanggaran," jelasnya.
Tak hanya petugas PPL peran masyarakat dalam mengawasi proses penyelenggaraan juga sangat membantu petugas pengawas. Sebab, masyarakat juga bisa berperan dengan memberikan informasi jika terjadi temuan pelanggaran. "Selain PPL masyarakat juga bisa melaporkan jika ada temuan," ungkapnya.
Bagi dia, partisipasi masyarakat dalam pengawasan juga sangat penting. Karena selain PPL mereka yang mengetahui utuh pelaksanaan nanti sebab masyarakat yang merupakan pemilih pada pemilu gubernur dan wakil gubernur. "Bekerjasama dengan masyarakat mengajak untuk bisa melaksanakan pemilu dengan sebaik mungkin," terangnya.
Dia berharap, materi yang disampikan kepada 13 PPL yang ada di wilayah Kecamatan Klari bisa memberikan dampak positif baik bagi mereka saat melaksanakan tugas, maupun bekal untuk bisa menyampaikan langsung kepada masyarakat. "Semoga pelaksanaan pemilu tahun ini bisa lebih baik, dan masyarakat dapat menjadi pemilih yang aktif dan cerdas," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template