Pondasi Jembatan Parakan Badak Berkeroak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pondasi Jembatan Parakan Badak Berkeroak

Pondasi Jembatan Parakan Badak Berkeroak

Written By Admin Raka on Selasa, 13 Maret 2018 | 15.00.00

TEGALWARU, RAKA - Mengkhawatirkan! Pondasi Jembatan Parakan Badak yang menghubungkan dusun-dusun di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru berkeroak. Warga khawatir jika tidak segera diperbaiki keroakannya bertambah parah hingga bisa mengakibatkan amblas.
"Keroakan pondasi jembatan Parakan Badak tahun lalu tidak separah ini. Sekarang keroakannya semakin lebar. Kalau tidak segera dibuatkan tambak limpas takutnya yang berkeroak semakin dalam dan bisa mengakibatkan amblas," ungkap Budi Darmawan, Pemerhati Lingkungan Desa Mekarbuana, Senin (12/3).
Budi menandaskan tambak limpas diperlukan untuk menampung air sungai agar tidak langsung menyentuh pondasi jembatan, sekaligus sebagai penyeimbang keutuhan material sungai. Apalagi sekarang ini hampir setiap hujan deras vokume air Sungai Cigeuntis mengalami kenaikan serta menyeret bebatuan dan pasir. "Dengan dibangun tambak limpas, minimal material pasir juga batu bisa tertahan. Hanya saja pengerjaannya yang memerlukan keseriusan karena tambak limpas harus lebih kuat dari limpasan air sungai," ungkap Budi.
Budi menambahkan, ganasnya gerusan sungai Cigentis saat ini juga terpengaruh banyaknya pohon yang roboh, sehingga bantaran sungai tidak maksimal dalam menyerap air hujan hingga terlimpas ke sungai Cigeuntis. Hal senada diungkap Susi (38) juga warga Kampung Parakan Badak, jika jembatan Parakan Badak merupakan sarana vital bagi kelangsungan warga beberapa dusun di Desa Mekarbuana.
Jembatan itu juga akses wisatawan yang hendak melancong di wilayah Desa Mekarbuana. "Dulu memang, pengunjung dan warga disini hanya sampai turunan sungai Cigeuntis, karena belum ada Jembatan Parakan Badak, dan warga hanya bisa melintas ketika air sungai tidak besar.
Jika air tengah pasang, banyak warga Dusun Sirnaruju, malah menyimpan kendaraannya di wilayah Kampung Parakan Badak. Sekarang pondasi jembatan sudah tergerus, kami khawatir kondisi makin parah dan bisa mengakibatkan jembatan amblas," ungkapnya.
Sekertaris Kecamatan Tegalwaru, H. Jumra.Ssos mengatakan jika debit air sungai Cigentis menggerus pondasi sebelah kiri Jembatan Parakan Badak. Saat ini kondisi air terus meningkat, dikhawatirkan jika tidak segera diantisipasi airnya sampai ke pondasi hingga mengakibatkan pondasi kembali tergerus. "Mungkin akan kita coba koordinasikan, jika memang mengkhawatirkan. Sementara ini kita akan lakukan pengawasan secara intensif, karena sejauh ini saya belum dapatkan laporan dari pemerintah desa dan warga," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template