PKBM Bahrul Ilmi Masih Numpang, Pakai Gedung SDN Tanjungpakis 2 untuk Belajar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PKBM Bahrul Ilmi Masih Numpang, Pakai Gedung SDN Tanjungpakis 2 untuk Belajar

PKBM Bahrul Ilmi Masih Numpang, Pakai Gedung SDN Tanjungpakis 2 untuk Belajar

Written By Admin Raka on Senin, 26 Maret 2018 | 15.30.00

PAKISJAYA,  RAKA- Meski sudah memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan (NPSN) namun Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Paket B Setara SMP dan Paket C setara SMA Bahrul Ilmi yang berada di Desa Tanjungpakis, belum memiliki gedung sendiri. Saat ini, lembaga pendidikan ini masih menumpang di SDN Tanjungpakis 2 untuk kegiatan belajar mengajar.
Sejauh ini, kegiatan di PKBM dapat berjalan dengan baik. Teranyar, PKBM ini telah melaksanakan simulasi Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK), Sabtu dan Minggu, (24-25/3) dan 31 Maret 2018 mendatang akan mengikuti USBN. Jika melihat antusiasme masyarakat yang begitu tinggi terhadap keberadaan PKBM, lanjut Saenudin, pihaknya berharap adanya infrastruktur yang dapat menununjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa PKBM. Saat ini, PKBM Bahrul Ilmi masih menumpang dan menggunakan gedung Sekolah Dasar Negri (SDN) Tanjungpakis 2 sebagai sarana belajar. Selain itu, pihaknya juga sangat mengharapkan perhatian pemerintah terkait insentif tutor-tutor yang hanya mendapat insntif sekedarnya. “Karena tanpa mereka proses KBM di PKBM kami tidak akan dapat berjalan dengan baik,” kata  Kepala PKBM Bahrul Ilmi, Saenudin S.Pd kepada Radar Karawang, Sabtu (24/3).
Di ketahui, siswa PKBM Bahrul Ilmi berumlah 51 siswa untuk paket B yang setara dengan SMP, dan 69 siswa untuk paket C yang setara dengan SMA, serta didampingi 14 tutor sebagai pembimbing siswa PKBM. Adapun jenjang usia siswa beragam, bahkan usia peserta paket B ada yang mencapai usia hingga 60 tahunan. Membuktkan jika PKBM di wilayah tersebut memang banyak diminati oleh masyarakat.
Sementara itu, Ketua PKBM Kabupaten Karawang Heru Saleh mengatakan, di Kabupaten Karawangada ada 41 PKBM yang sudah memiliki NPSN, salah satunya PKBM Bahrul Ilmi. Sedangkan, kelebihan Pendidikan Non Formal (PNF) atau PKBM, warga belajar di lengkapi dengan adanya pendidikan Life Skill dan pendidikan sepanjang hayat, sehingga ketika warga belajar sudah lulus atau masih sedang menempuh sebagai peserta PKBM, juga bisa mengembangkan potensinya. Baik bekerja di perusahaan, melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, ataupun  berwirausaha mandiri.
Program Karawang cerdas tahun ini merupakan tahun pertama warga masyarakat Karawang memperoleh pendidikan secara gratis melalui PKBM dengan sasaran 5000 masyarakat Karawang asli, sehingga bisa meningkatkn IPM Karawang. “Dengan adanya program Karawang Cerdas di Kabupaten Karawang, kami berharap SDM-nya meningkat dan potensi lokalnya juga bisa terangkat, dan kedepan kami juga  berharap dengan antusias masyarakat yang sangat tinggi," paparnya.
Lebih lanjutnya, untuk pendidikan dan ekonomi di harapkan adanya perhatian dan kesejahteraan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) PKBM, serta sarana pendukung untuk kegiatan belajar mengajar yang nyaman. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template